#TopThree : Ika Natassa’s Novel

gue tuh ya, akhir akhir ini lagi males banget buka sosial media. bukan apa apa, rasanya kok gerah banget. hoax bertebaran, ada aja yang berantem, dan tetep, banyak juga yang pamer wakakak.

nah, gara gara males buka sosmed, gue pun kembali melakukan aktivitas yang dulu sering gue lakukan pas gabut. tiada lain tiada bukan adalah baca novel, ehehe. maap ya pembaca yang mengira gue melakukan hal yang berfaedah. baca novel ini juga Insya Allah berfaedah kok, karena kan bikin hati hepi yaaaa… iyain aja plis.

ngomong ngomong soal novel, sejak kerja, gue lebih banyak baca novel yang ringan dan happy ending. entah kenapa ya, rasanya males aja baca novel yang berat. kepalaku sudah penuh rumus excel, kalo mikirin masalah yang berat kok takutnya ntar meleduk. apalagi pas udah punya anak, wis lah. novel Andrea Hirata aja mendadak gue anggep berat hahaha. pokoknya hanya kepada novel Harlequin dan Chicklit aku menyandarkan kebahagiaan semu ini.

8f7763a2326ff55ddf03347964440fea

dari dulu, salah satu favorit gue untuk genre ini adalah Ika Natassa. gue pertama kali baca novelnya mba Ika (ikrib buk ?) pas kuliah, yang judulnya A Very Yuppy Wedding. and I was sold. I’m so in love with the way she told the story, dan sejak itu pasti langsung baca tiap ada novel barunya yang keluar. beberapa kali ikut preorder juga dong, meskipun sukses sekali doang, karena emang saingannya nggilani se-Indonesia.

apa sih yang bikin novelnya mba Ika ini laku keras ? kalo gue pribadi, gue suka cara berceritanya. buat beberapa orang, cara berceritanya mba Ika ini bisa dibilang messy, tapi gue suka. mba Ika ini sering menyelipkan hal hal trivial di pemikiran tokohnya, jadi kesannya kayak ngglambrah kemana-mana. tapi, bukankah pikiran kita juga gitu ? gue juga ga ada masalah dengan penyebutan merk merk yang katanya bikin novelnya terkesan pretentious. gue masih bisa relate kok. ya kalo tokoh utamanya nangis sambil pake Louboutin, gue nangis sambil pake Converse. masih sama sama nangis kan.

16107274-7252123-image-a-64_1563273107878
mau Cinderella, mau Munaroh, semua mah nangis nangis aja.

but I have to agree with review that said almost all of her characters is quite the same. di beberapa novelnya, tokoh utama wanitanya adalah banker, yang mana ngga heran karena beliaunya juga banker. masalahnya, physically mereka mereka ini lumayan mirip. tokoh utama laki-lakinya pun juga mirip mirip. ditambah ada 2 tokoh yang semuanya diperanin Reza Rahadian di movie version-nya. jadi makin apa ya, bosan ? plus jadi mengacaukan imajinasi. meskipun di otak gue tetep sih Ale Risjad ga ada mirip-miripnya sama Reza. but you got the point.

meskipun begitu, aku tetep cinta pokok e sama novelnya Mba Ika. berikut gue kasih top three novel nya mba Ika ya, tentu berdasarkan pendapatku semata. cuuuuusss…

the-architecture-of-love
no 3, Architecture of Love

Architecture of Love. bertengger di nomor tiga, adalah novel yang awalnya dibikin lewat Poll Twitter. bikin deg-degan ngikutinnya. gue suka novel ini karena tema utamanya adalah berdamai dengan masa lalu dan penceritaannya yang tenang dan ‘halus’. meskipun menurut gue kedua tokohnya terlalu kalem dan dewasa, tapi mereka masih believable sih. ending-nya lumayan open dan gue suka, karena makin tua umur gue, makin sadar bahwa happily ever after tuh ya sebenernya konsep yang agak ngawang. satu hal ngga penting yang bikin gue geuleuh, kenapa sih nama adiknya River itu Triaga ? kenapa ngga Snow, Sky, atau nama necurel lain ?

66495533_327609408154453_1753222837305229610_n
no 2. A Very Yuppy Wedding. with original cover that I love so much.

A Very Yuppy Wedding. gue baca ini saat kuliah, dan bikin gue jadi bertanya tanya, emang kehidupan banker tuh segitunya ? namanya anak fakultas ekonomi, rasanya peluang gue masuk perbankan kan gede ya. eeeh, ternyata jodohku adanya di pabrik semen mwahahaha. gue inget gue langsung suka novel ini karena detailnya bagus, dan gue juga langsung jatcin sama tokoh Adjie. kayaknya huwow banget gitu si Adjie ini. novel ini juga bagus dibaca buat yang mungkin mulai berpikir buat menikah.

tumblr_mzykd94qW81tr7p30o1_1280
no 1. baperable Antologi Rasa

Antologi Rasa. my ultimate favorite. gue dulu pertama kali baca ini biasa aja. sampe buku ini gue tinggal di rumah nyokap. lalu entah gimana, buku ini gue bawa buat bacaan di pesawat. dan akupun tertampar bolak balik. waktu itu emang love life-nya lagi sucks banget, jadi baca buku ini kayak bercermin. obviously, I fell in love with Harris Risjad, setelah baca ulang tentunya. gue merasa relate banget sama buku ini, mungkin karena gue juga tinggal di Jakarta, had a lumayan job (meskipun ya ngga sanggup juga sih nginep di Ayana) dan ngefans sama John Mayer. paket komplit gitu lah. tiap kali gue butuh me-mellow-kan diri, gue baca buku ini sambil nyetel Continuum. hantjoer bundaaaaaa… itulah kenapa gue sebel pas movie-nya kok (maap) agak kebanting. Carrissa Perruset-nya sih udah perfect banget, tapi entah kenapa Harris & Ruly nya kayak miscast. Harris kurang berbulu dan kurang buaya, Ruly kurang anak baik baik. semoga aja someday bakal di remake dengan cast yang lebih nampol, aamiiiin.

buat yang nanya kenapa ngga masukin Divortiare dan lanjutannya, jawabannya sungguh simpel : gue ngga suka. hahaha. buat gue Alex ini justru lebih riewuh dan mbingungin daripada Keara. dan gue ngga seberapa suka sama tipe tipe dinginnya Beno. so yeah. Harris Risjad masih nomor satu di hatiku.

lalu, apakah gue masih baca bukunya mba Ika sekarang ? ya masiiiiihhh. coba deh itu yang ikutan preorder tuh banyak yang ibu ibu juga lho, setia dari jaman masih gadis kinyis kinyis sampe udah berbuntut. mudah mudahan novel barunya buruan keluar yaaa, hatiku udah mak tratap tiap kali liat mba Ika Natassa posting sesuatu.

how about you ? what’s your favorite ?

share me your thought