Singapore in 24 hours – prolog

kadang, lo hanya harus menerima bahwa diri lo sebenernya mampu melakukan hal yang gila. kita tuh emang terlalu sering mikirin pendapat orang ya, takut dianggap begini, takut dianggap begitu. padahal mah selama duit sendiri sans aja.

mo ngomong apa sih kakak kok preambule-nya gitu amat ?

jadi, gue baru saja melakukan salah satu trip tergila in my life. dan tentunya TERMAHAL. ga main-main mahalnya karena destinasinya adalah pusat kapitalis Asia Tenggara alias Singapore. emang gilanya gimana ? gila karena gue di sana cuman selama 24 jam alias sehari semalam. SAJA. wow apakah aku bersin keluar duit ? tentu tidak.

halo arrival Changi, amicu

cerita bermula dari Indonesia yang ngga kebagian jatah tur Ateez yang baru, Fellowship : Break The Wall. ada banyak misuh-misuh tentunya berkaitan sama ini. tapi intinya, Asia Tenggara kebagian tiga jadwal : Bangkok, Singapore dan Manila. gue yang tadinya udah bertekad untuk dateng kalo mereka konser di Jakarta pun patah arang. these days, luar negeri sepertinya susah bener digapai. bukan cuman masalah duit, tapi juga masalah rumah, karena gue ga bisa pergi lama.

tapi setelah berkeluh kesah sama bojoku, doi malah nyuruh gas aja ambil. ditambah hasil konsultasi sama sobat koreaku berinisial Arum, akhirnya fix ambil Singapore. Bangkok skip karena paspor gue belum jadi, Manila skip karena gue takut ga bisa bahasa putangina *sad*. So, Singapore it is.

persiapan gue pun dimulai sejak sebelum gue purchase ticket. lebih tepatnya persiapan debit mwahahaha. duit di dalemnya sih ya bismillah cukup ya, cuman yang bikin deg-degan adalah gue minim pengalaman nih belanja di web luar. paling via Jenius aja. tapi untungnya jiwa gas-gasanku masih ada, jadi akhirnya beres dalam sehari. intinya, debit mandiri tuh powerful kok, rate-nya aja yang bikin agak sedih. oh iya, ticketing pake ticketmaster ya, harus masukin no hape pas daftar akun. no INA aman jaya, tenang aja.

hari ticketing datang. despite of persiapan segala macem, kebetulan rejekinya adalah dapet Standing non VIP. agak sedih juga sebenernya karena prinsip gue go big or go home. tapi yaudahlah akhirnya go standing aja *nanges*. kenapa kok ngga milih seating ? karena pengalaman gue nonton konser Bon Jovi seating tuh kurang nendang masbro. kayak kurang mantep. sementara pengalaman gue nonton John Mayer seating juga berasa biasa aja. meskipun penuh kekhawatiran, tapi akhirnya mantap ambil standing.

seat plan Singapore Indoor Stadium, gue di C

setelah tiket di tangan, saatnya ngurus yang lain. yang pertama dan utama adalah paspor. karena paspor hamba uwes kadaluarsa. akhirnya lewat apps M-Paspor (yang seperti apps buatan pemerintah lainnya, sungguh menguji kesabaran), paspor gue pun renewed. meskipun muka buluk sekali gara-gara habis menembus margomulyo jalanan seribu transformers. oh the things I do for you, Kim Hongjoong dan kawan kawan. oiya, paspor ini jadinya butuh waktu seminggu ya, berlaku selama 10 tahun. insya Allah kepake lah ya buat bolak balik nengokin anak-anak lanangku, aamiin.

next adalah hal yang paling mahal dari plesir ke Singapore : transportasi dan akomodasi alias flight + hotel. harganya nggilani sumpah monanges aja pokoknya. ini tuh sampe gue harus konsultasi ke banyak orang dan bolak balik cek gmaps buat mastiin jarak hotel sama venue. pada akhirnya, ya emang cuman bisa check out tiket dan hotel sambil ngucap bismillah. karena ditunggu sampe kapanpun ga turun2 itu harganya.

hal berikutnya yang tak kalah menyesakkan adalah tuker SGD. nah, sebenernya, dengan kemajuan jaman, step ini bisa dilewati. anak-anak yang bareng gue nonton konser rata-rata cuman bawa sedikit SGD, karena untuk transaksi, termasuk MRT dan bis, pada pake kartu Jenius. no hassle beneran deh, aman jaya. cuman karena pas hari H Jenius gue masih banned, jadi gue pake cash ajalah udah. another moment mengelus dada ketika 10 lembar merah dituker dengan 2 lembar SGD. perih bundaaaaa. tapi gapapa lah ya demi ngga melas di negeri orang, hiks.

mihil (T_T)

persiapan yang butuh duit udah, sekarang persiapan yang ngga butuh duit alias fisik. aslinya ya butuh sih juga ya hiks. soalnya nih, gue bakal di standing section dan konon katanya standing section konser di SG isinya adalah pemuda pemudi pengangkat hape setinggi harapan bangsa. jadi harus siap tuh sikut-sikutan. dan paling utama adalah siap sing along soalnya konsernya sendiri berdurasi 3 jam. agak sedih juga kalo misal di tengah-tengah konser gue melipir ke bagian medis kayak anak SMA kecapekan dijemur pas upacara. jadilah gue mulai rutin kardio, paling ngga pas sing along nafas gue ga abis. plus kaki gue harus kuat pas chant Break The Wall. luar biasa persiapannya ngalahin persiapan trip ke Bali tempo hari.

jujur ya, I have so many worries while preparing the trip. kalo ga lolos imigrasi gimana ? kalo nyasar pas hari H gimana ? dan yang paling nakutin, kalo salah tanggal gimana ? tapi dengan restu suami (subhanallah) dan kekuatan fangirl mas-mas Korea aku pun berangkat dengan mantap.

Jeong Yunho, kajjaaaaaa !!

share me your thought