TRoS : harusnya begini !!

gimana gimana, udah nonton The Rise of Skywalker belom ? udah ngamuk ngamuk belom ? atau malah bercucuran air mata ? wakakak. sungguh ya, bahkan gue yang sebelom nonton udah meminimalisir ekspektasi tetep kok berdecak decak sendiri pas nonton.

temen gue yang blas ga mudeng Star Wars aja sampe bingung dan nanya, emang The Rise of Skywalker ini kenapa sih, kok kayaknya banyak bener yang protes. bahkan yang bilang suka pun tetep mempermasalahkan beberapa adegan. apalagi di Twitter, gila deh, debatnya ngalahin debatnya The Last Jedi. sampe pusing ngikutinnya.

5e05ef1b6554e

oh iya, gue sama sekali ngga liat trailer breakdown-nya The Rise of Skywalker, dan ngga berusaha cari tau. jadi gue ngga tahu sama sekali kalo ada postingan reddit yang memprediksi plot TRoS sampe sedetil itu. kalo tahu sih mungkin ya jadi males nonton ya (halo Shinbe, ahaha).

terus, filmnya oke ngga ? ngggg, gimana yaaaaa… hahaha. harus diakui ada beberapa hal yang ngga logis dan ngga dijelasin juga di filmnya (contoh, gimana cara si Ben Solo bisa ke Exegol, padahal TIE nya udah dipake sama Rey). belom lagi plotnya yang rushing banget, bener bener kejar-kejaran, tapi ngga rapi. capek nek nontonnya. jadi yaaa, pantes juga sih kalo review-nya jadi mixed.

07f0b7831b418de19377349e2f53dcc3

in short, menurut gue, ada beberapa hal yang bisa diubah buat bikin ceritanya lebih nendang dan lebih nempel di sanubari.

yang pertama, tentu soal teori bahwa Rey itu nobody. gue tuh sebenernya setuju setuju aja sama cerita yang udah di set sama Rian Johnson di TLJ tentang Rey yang sebenernya nobody. sekali sekali kek ada hero yang keren tanpa kudu ada hubungan darah sama si anu. nah, sayang banget di TRoS ini kok diubah lagi jadi cucunya Palpatine. mana back story ayahnya Rey ngga ada sama sekali. mosok anaknya Palpatine ngga ada ceritanya samsek. he’s one of the strongest person in the galaxy kan.

terus juga soal kembalinya Emperor Palpatine yang agak krik krik. sebenernya nih ya, emang di Star Wars banyak misteri yang penjelasannya agak aneh (assalamualaikum, midichlorian), tapi seenggaknya bisa lah bikin penjelasan yang lebih logis. kok bisa dia ujug ujug nyiptain Snoke, kok bisa dia ujug ujug mempengaruhi Ben. gue jauh lebih setuju ada villain baru, atau ya sekalian deh Kylo Ren dibikin main villain, tanpa redemption.

images

lalu bagian paling ngeselin, tentu soal kematian Leia yang berasa ‘gitu doang’. yeah I know, aktornya aja udah meninggal, dan pake CGI juga hasilnya kurang nendang. tapi bisa lho pemirsaaaa, dibikin kematiannya lebih meaningful. misaaal, dibikin kek projection-nya Han itu adalah force projection-nya Leia, jadi bukan memorinya Ben Solo. atau dese datang secara force ghost ke Ben. atau gimana kek. tapi ya susah juga ya, secara konon Adam Driver sama Carrie Fisher memang belom pernah ada di satu scene.

berikutnya, soal Rose Tico. gue tuh sebenernya kurang suka sama penokohannya. kurang greget sis. tapi gue setuju bahwa porsi dia di TRoS harusnya lebih besar. karena memang dia bisa dibilang mewakili anggota Resistance kebanyakan. dan terlepas dari bencinya gue sama Canto Bight, harus diakui teamwork-nya dia sama Finn lumayan oke. jadi ya sayang aja ngga dilanjutin di TRoS, mana udah cipokan kan.

oh, honestly, gue sebel sekali sama adegan terakhir Rey sama Palpatine yang konon mirip adegan Avengers, di mana Rey bilang “I’m all the Jedi”. karena kok kayane ngga penting ya njawab begitu. nah, di situ ada suara beberapa Jedi terdahulu yang mbisikin Rey biar bangkit. nganu pemirsa, KENAPA NGGA DIMUNCULIN FORCE GHOST NYA AJA SIH ??? nanggung bener suaranya doang yang keluar, padahal kondisinya Rey udah hopeless begindang. dan bayangkan betapa kerennya kalo para force ghost itu muncul di adegan itu. pasti lebih ngena di sanubari deh, selain fan service juga. aku kan kangen Hayden Christensen (ngga juga sih hahaha)

tumblr_ff768f0d576db70e65c17c23841d645a_db61bb37_640
or just make them fight together. it should be epic and unforgettable !!

satu hal lagi yang bikin kecewa, kita ngga sempet dapet konfirmasi soal Finn itu beneran force sensitive atau malah force user. padahal dari TFA dese udah yield saber lho, kirain di TRoS ini bakal dikasih konfirmasi walaupun secuil soal force sensitiveness nya, tapi taunya kagak. adanya clues yang bikin kita cocoklogi doang. soal karakter Finn sendiri, gue agak menyayangkan character development-nya, karena kok kayaknya makin generik ya. typical side kick gitu deh.

dan perubahan utama yang gue sarankan adalah BEN SOLO SHOULD LIVES. mau dia jahat, mau dia redeemed, pokoknya mendingan diidupin aja deh. karena itu membuat pengorbanannya Leia ‘mbalikin’ Ben jadi lebih berarti. terus, Ben Solo alias Kylo Ren alias Matt alias The Emo Prince of Galaxy ini adalah karakter yang perkembangannya ‘terasa’. dari kegalauan dia di masa TFA, kelimbungannya di TLJ sampai dia galau lagi di TRoS. sayang aja gitu, pemirsa kan udah kadung attached. kalopun emang mau mengakhiri saga Skywalker, ya udah, kan udah abis di Luke juga. Ben kan Solo. iyain aja plis.

7ec66d79f1cbefe8b9f274559b5360df
dia udah tobat pemirsa !!

oiya, dari sekian banyak artikel TRoS yang gue baca, buanyak buanget yang membandingkan sama TLJ. karena ya emang banyak hal di TLJ yang dinegasikan di TRoS. soal Rose Tico, topeng Kylo Ren, banyak deh. dari baca baca itu, gue justru menyimpulkan keembuhan ini kejadian gara gara handover dari Rian Johnson ke JJ Abrams kurang smooth (*throwing shade*). emang pada ngga ada meeting akbar apa gimana sih ini, kok kayaknya bolongnya banyak banget ? padahal dengan proyek segede Sequel Trilogy ini kudunya kan ada garis besar ceritanya, baru di break down ke masing masing episode kan ya. kayak KPI cascading gitu lho.

makanya sayang banget hasilnya jadi penuh pertanyaan begini. saking banyaknya pertanyaan, banyak lho tokoh yang justru diperkenalkan lewat buku visual guide-nya TRoS, begitu juga sama beberapa hal yang justru harusnya dipaparkan lewat film. contoh paling gampang, soal Sith Wayfinder. apa sih Sith Wayfinder itu, siapa yang bikin, dll. padahal harusnya kalo dijelasin lewat film bisa lebih jelas dan lebih bikin penonton ngeh.

maxresdefault (3)
bangke :))

ada yang bilang ini gara gara universe-nya Star Wars tuh emang kegedean, dan cerita yang mau dibahas di TRoS ini terlalu banyak. nah, kalo begini, tentu jadi tugas script writer-nya dong ya. harusnya mereka bisa memilah dan memilih dengan lebih cermat, apa aja yang memang harus dibahas di film, apa aja yang ngga. sayangnya, Star Wars kayaknya belom nemu scriptwriter yang memang mumpuni dalam mengolah ‘bahan-bahan’ yang ada. padahal nih ya, Mandalorian segitu dipuja puji karena apa ? ya karena script-nya bagus dan eksekusinya oke.

I really need to stop rambling about Star Wars :))

so, itu pendapat otoy gue tentang TRoS. mau dipuja, mau dihujat, ya udah kejadian juga. kecuali JJ beneran mau ngeluarin JJ cut ? hmmm…

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s