free fall to K-Pop part 2

loh kok tiba tiba part 2 ? hahaha.

sebenernya gue ragu nih mau bahas ini, soalnya mepet mepet buka aib. tapi ya tau sendiri, kalo dipendam tuh rasanya super ngganjel, ngga betah hamba. jadi bolehlah ya gue bahas ini tipis tipis (tebel juga boleh deh ya). yok cuuusss

sebelumnya, preambule dulu nih. circa 2007, gue pernah jatuh di sebuah lembah yang dalam bernama K-Pop, mwahahaha. gara-garanya, gue kesirep sama Super Junior, SNSD dan temen temennya. pokoknya waktu itu bener bener K-Pop mewarnai keseharian gue deh. buktinya ada di sini nih. mereka juga sampe masuk ke skripsi gue loh hahahaha. ditambah temen temen gue, alias geng Korea, tuh rajin banget menyirami gue dengan konten, makanya attachment gue kuat banget.

sekitar 2012, gue mulai ngga ngikutin nih dunia per K-Popan. selain karena sebel kok idol gue kena skandal mulu, kehidupan pribadi gue juga lagi banyak goncangan *halah*. di masa-masa ini gue beralih ke John Mayer, tapi tetep aja sih gue nonton SM Town di tahun 2014, hahaha. ya ngga bisa full lepas, tapi intensitasnya berkuranglah. jadi biasa aja kalo ada yang debut atau comeback. paling cuman balik nontonin videonya Suju aja. atau ngeh kalo emang gegap gempita banget kayak blekpink.

nah, di tahun 2020 kemaren, I got pregnant again. seperti yang udah udah, gue mengalami all day sickness alias lemes sepanjang waktu. maunya rebahan, persis kardus basah. all I could do adalah rebahan sambil scroll hape. iseng iseng, gue pun buka yutub dan menemukan video K-Pop random play dance. jadi RPD ini mayan femes buat dijadiin konten ya, isinya biasanya para dancer yang nge-dance berdasar musik K-Pop yang di-play secara random. biasanya pas bagian reff-nya aja. gue banyak yang ngga ngerti musiknya tapi ya bolehlah ya buat menghalau mual.

setelah melihat buanyak video RPD, gue tuh jadi tertarik sama satu lagu. gara-garanya simpel, koreonya kok lucu dan lagunya enak aja nyantolnya di kuping gue. tau dong kalo lagu-lagu K-Pop banyak dikritik karena terdengar mirip satu sama lain dengan lirik yang aneh. nah, lagu ini nih engga. koreonya tuh lucu dan setelah gue dengerin lebih lanjut, kok lagunya baguuus. setelah diinvestigasi *halah*, ternyata lagu itu judulnya Answer, dan grupnya namanya Ateez, salah satu grup gen 4.

lagi mual dikasih beginian, pusing ga sih :)))

tentu gue jadi kepo lebih lanjut dong sama si Ateez ini. meskipun namanya agak 4l4y, tapi kok lagunya aku suka banget. mulai deh gue ceki ceki lagunya di yutub, juga MV dan live-nya di berbagai music show. betah banget karena jebul lagunya buanyaaaak. ditambah, konten K-Pop sekarang tuh beragam banget ya. ada yang relay dance lah, ada yang 2x speed dance lah, ada challenge aneh aneh lah. kan jadi doyan ya lama lama. endingnya tentu mudah ditebak ya. ya kejeblos lagi lah gue di lembah K-Pop, or should I say specifically lembah Ateez.

sebenernya nih ya, gue tuh menganggap nama mereka tuh 4l4y. kurang sangar gitu. ditambah ternyata namanya tuh singkatan dari A Teenager Z. ya Allah hawa jametnya kok menembus langit gini. tapi karena lagu-lagunya bagus, akhirnya ya udahlah gue dengerin aja. plus, grup K-Pop mana sih yang namanya ngga jamet hahaha. tapi biasalah ya, benci sama cinta tuh setipis kertas. makin lama, gue justru makin kesirep sama grup ini. bodo amat dah namanya alay bin jamet, yang penting lagu-lagunya gue suka dan performance stage-nya bagos banget ya Allaaaaah.

jamet-jametku ❤

terus, siapa sih Ateez ini ? mereka adalah grup K-Pop yang terdiri dari 8 member yang asli putra daerah (alias orang Korea semua). mereka ada di bawah agensi KQ Entertainment dan debut sejak 2018. nah, terus kenapa kok gue bisa kesirep sama mereka, sedangkan gue ngga tertarik sama grup lain ? yoklah kita bahas sedikit.

pertama dan utama, I love love looooove their songs. lagu-lagunya tuh kesannya ‘grand‘ dan unik-unik. sebenernya ngga heran ya, karena KQ ini awalnya agensi buat produser lagu dan Ateez adalah grup pertama mereka. lagu-lagu mereka tuh suaranya berlapis-lapis dan membernya bukan cuman ngisi main voice aja, tapi jadi backing vocal juga. another things I love, lagu mereka ga ada love-love nya sama sekali hahaha. ini berhubungan sama konsep mereka as pirates juga kayaknya. terus ga ada lagu slow-nya dong ? ya ada, tapi liriknya tuh lebih ke brotherhood sama friendship gitu. setau gue ya, belom ada lagunya yang ada hawa-hawa saranghae nya. cocok lah, karena lagu cinta-cintaan udahlah jadi bagiannya John Mayer aja ya.

terus, performance stage-nya mereka juga warbiyasak bagus banget. sebelum debut, mereka sempet dikirim ke Millennium Dance Studio dan belajar dance di sana. itulah kenapa, dance mereka bukan cuman masalah presisi dan synchronized, tapi bener bener dimaksudkan buat menyampaikan isi lagunya. sempet jadi debat juga soalnya ekspresi dan stage presence mereka tuh pol-polan dan dianggap agak too much. tapi gimana ya, gue yang nonton sih seneng dan malah amazed. kayaknya kalo gini akhirnya jatuhnya selera ya.

kamu kapan sih konser di sini T_T

hal lain yang bikin naksir adalah konsep mereka sebagai grup. sebelumnya, gue udah sebut ya, konsep mereka tuh sebagai pirates. nah, mereka nih bener bener menjiwai konsep ini, jadi bukan cuman buat konsep comeback atau berlaku di satu album aja, tapi buat keseluruhan grup. ini juga menurut gue kenapa lagu-lagu mereka minim cinta-cintaan. ya namanya juga pirates mau menaklukkan dunia, masak lagunya patah hati bun, kan ya ngga cucok gitu lho. gue sendiri seneng banget nih sama konsep begini, jadi bukan cuman rilis album sama MV, tapi teorinya buanyaaaaak. herannya, waktu dulu EXO bikin konsep gini kok gue ga kesirep ya ahahaha.

berhubung inti postingan ini sebenernya hanyalah sebatas pengenalan (karena abis ini kayaknya bakal sering banget ngomongin mereka), maka bolehlah gue ngasih beberapa rekomendasi lagu mereka yang kira-kira cucok yaaa

ANSWER
lagu ini adalah lagu yang pertama bikin gue kesirep. hook-nya asik dan ear-catchy sekali. ditambah ada dance part yang kayaknya kok iconic sekali ya mwahahaha. dan yang bikin laki gue ngakak, lagu ini koplo-able sekali hahaha. bisa dicek di sini ya versi koplonya.

WONDERLAND
tahukah Anda bahwa Ateez pernah perform lagu ini di acara laknat Kingdom Legendary War dan performance mereka buagus buanget sampe jadi legendary performance menurut Genius Korea ? bisa dicek di sini ya stage-nya.

PIRATE KING
ngomongin Ateez ga ngomongin Pirate King tuh agak agak gimana gitu. Pirate King ini adalah lagu debut Ateez dan menurut gue, ini bagus banget sebagai lagu debut. vocal wise dan dance wise ya, karena gue beneran ngga ngeh ini lagu debut. kirain ya emang udah experienced idol. sebagus itu gengs.

kayaknya segini aja deh ya yaampon udah panjang bangeeeeeet. smell you later yaaa :3

share me your thought