Loose Parts Play, kenalan yuk !

satu hal yang tidak gue sadari waktu pertama kali jadi orang tua adalah, ternyata ada begitu banyak metode/cara/pengetahuan sehubungan dengan tumbuh kembang anak. cara-cara ortu kita yang dulu diterapkan ke kita pun kayaknya udah banyak ditinggal ya. ganti jaman, ganti metode. dan tentu ngikutinnya tuh susah bener. belom kelar belajar metode A, eh ada postingan soal metode B yang kok kayaknya relate juga. puyeng kan.

apalagi jaman internet kayak begini. ibaratnya kan dunia ada di genggaman tangan nih. tinggal google aja langsung ketemu bermacem-macem artikel. makin puyeng, karena meskipun informasinya banyak, tetep kudu difilter, karena kan validitas-nya juga beragam ya.

gue pribadi, karena lama lama puyeng ugha, akhirnya memilih jalan gampil, alias ngga ngikutin metode manapun dengan plek-plekan. pusing aku bunda. gue masih banyak baca, tapi belum tentu diimplementasi. dan karena Runa udah masuk PAUD, jadi ya gue cocokin sekalian deh sama PAUD-nya. ngikut aja udah, sambil doa yang banyak, semoga efektif.

meskipun begitu, salah satu yang gue lumayan percayai dan yakini sepenuh hati adalah bahwa sarana paling efektif dan tepat sasaran buat anak anak belajar adalah lewat bermain. jadi bukan duduk aja sambil disuruh melototin worksheet. itu mah ntar aja kalo udah kerja.

nah, makanya, gue pun akhirnya banyak baca baca juga soal bermain ini. apalagi gue banyak follow mommygram yang suka pada kreatif, lumayan banget menambah wawasan gue. lumayanlah gue jadi bisa kenalan sama Montessori, Waldorf, dll dsb. belom lagi ada juga yang fokus sefokus-fokusnya sama sensory play. buanyak deh pokoknya.

akhir-akhir ini, gue lagi tertarik banget sama loose parts play. terus, makin dibaca kok makin cucok di hati. apalagi kayaknya banyak yang bilang kalo anaknya pada semangat main loose parts, kan aku jadi kabita. memang susah ya kalo gampang kesirep begini.

loose parts play sendiri pertama kali diperkenalkan oleh arsitek Simon Nicholson dan bisa diartikan sebagai permainan yang menggunakan bahan yang bisa dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, disatukan, disejajarkan dan dipisahkan kembali dengan berbagai cara. bahannya sendiri bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain. contohnya, batu, kerikil, kain, kayu, palet, ember, balok, dll. boanyak boanget pokoknya. the list is almost endless. biar kebayang, kira kira begini contohnya.

intinya, loose parts ini semacam benda benda yang bisa dikombinasikan dengan benda lain, lalu dipakai bermain. si anak pun bisa memainkannya sesuai dengan keinginan dan imajinasi mereka. karena memang mereka bisa pakai macem macem benda untuk membuat/membangun apapun yang mereka mau.

pada gilirannya, loose parts play ini juga bisa memfasilitasi open-ended play. apakah ituuuuu… tumben ya kali ini banyak istilahnya moahahaha. open-ended play adalah permainan yang ngga punya obyektif tertentu, alias bebas lepas suka suka lau lah. maksudnya gini, misal anak main puzzle, tujuannya tentu menyusun kepingan puzzle dengan benar kan. nah, open-ended play ini sebaliknya. bebas dek, mau jadi apapuuuun.

jadi salah satu keuntungannya loose parts play ini tentunya adalah mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. dan karena sifatnya yang open-ended, maka anak pun bisa bikin apapun dengan apapun yang dia mau. the possibilities in endless, karena ngga ada yang salah kan. ditambah lagi, loose parts ini juga masuk sensory play, karena anak bisa pake kayu, batu, bahkan pasir.

gue sih yakin sebenernya mamak mamak milenial nih rata rata udah make loose parts juga, cuman ya ga tau aja kalo bisa jadi loose parts play. dan bisa aja makenya justru buat main yang ada obyektifnya, jadinya close-ended play. tapi ya namanya juga belajar, ngga ada kata telat.

dan kemaren gue ketemu salah satu produsen mainan loose parts kayu dari Spanyol yang guemes buanget produk-produknya. namanya Grapat Toys. di Indonesia baru Mama Jordan reseller-nya. produknya halus, cantik dan bener bener memanjakan mata dan hati. yang tentu saja diimbangi dengan harganya yang bikin pengen ngelus dada Ari Wibowo. tapi liat deh produknya, gemes to the max !!

grapat lola
seri insect yang ya ampun gemes amat ngga ada obat
grapat mandala. loose parts dengan berbagai warna dan bentuk, tapi gemes semuaaa

dan layaknya warga +62 lain, gue pun cari dupe-nya dong hahaha. so far belom banyak karena konon butuh akurasi dan presisi tingkat tinggi. bukan cuman di ngukir kayunya, tapi juga di aplikasi cat-nya. karena katanya ngga boleh sembarang cat juga. gue sudah ngontak 5 produsen mainan kayu custom (yang jawabnya ngga bisa semua), sebelum akhirnya ketemu sama diyedutoy. coba ceki ceki deh.

smell you later :3

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s