nonton bioskop bawa anak : yay or nay ?

20190508_144028_0001

seiring dengan rilisnya Avengers : Endgame, rame juga nih satu isu di dunia peribu-ibuan. nonton bioskop bawa anak boleh ga sih ? dalam kasus ini spesifik anaknya umur balita ya. tentu masyarakat pun terpecah jadi dua, meskipun rata rata setuju bahwa film superhero macam Avengers gini kurang cucok buat para balita, tentu saja karena ada adegan kekerasannya.

terlepas dari apa film-nya, sebenernya memang ada kok orang tua yang suka bawa anaknya nonton di bioskop. ada yang memang niatnya membiasakan dari kecil malah. katanya sih si bayi akan cenderung tidur di dalem bioskop karena bioskop kan gelap dan adem. cocok buat ngulet ngulet terus tidur. masalah sound-nya yang menggelegar gimana ? bisa dipakein earmuff. untuk bayi kecil biasanya belom tau yang nempel di kepalanya apaan, jadi biasanya ya lempeng lempeng ae dikasih earmuff.

IMG_tf77nu
kalo yang ini diemnya kalo dikasih kalkulator :))

tentu ini disertai komitmen, bahwa rewel dikit si bocah kudu langsung diangkut keluar. kalo masih nenen sih mungkin bisa ya disumpel nenen dulu, tapi kalo udah sapih, ya bubar pemirsa. intinya, orang tua yang bawa anak ke bioskop ini pun tetep mengutamakan si bocah.

kalo gue gimana ? gue sendiri cenderung ogah bawa bocah pas nonton. alasannya sungguh sangat egois pemirsa, gue males repot. hahaha. faktor utama adalah gue gak akan bisa menjamin si bocah bakal behave apa ngga di dalem. sure, selalu ada kemungkinan dia tidur atau nenen melulu di dalem. tapi ada kemungkinan juga dese malah kaget dan berujung ngga nyaman. dan ketidak nyamanan adalah awal menuju cranky.

faktor lain adalah gue harus selalu waspada dan siap sedia. bocah ngek dikit, langsung kasih cemilan. bocah ribet dikit, langsung sibuk ngediemin. nonton e ora fokus, mbokdhe. niatnya nonton buat refreshing, malah jadi sepaneng. belom kalo bocahnya beneran cranky, yang mana kudu langsung diangkut keluar di saat film masih berjalan. nontonnya pun jadi kentang sis, aidonlayk.

tapi memang yang namanya manusia tuh lemah terhadap godaan ya. meskipun gue bilang begini, tetep gue lakonin juga nonton Avengers bawa Runa ahaha *ditimpuk seantero bioskop*

IMG_20170805_213331
my reader right now

awalnya gara gara liat jam tayang yang mepet jam tidurnya Runa. gue dan laki gue pun langsung semangat, bisalah kita bawa nih bocah. si bocah kami gantiin pampers, dikasih cemilan, terus diayun ayun biar tidur. apakah berhasil ? tentu tidak, hahaha. dese juga kayaknya ngerasain ada kehebohan, jadi ya ga tidur tidur. menilik dese masih jreng, akhirnya laki gue beli tiket Sweetbox Seat, yang jebulnya mahal amat. plus langsung order french fries sebagai amunisi. sampai di dalem bioskop, kami kondisikan dia tiduran dan dipukpuk.

terus gimana sepanjang film ? as I said, gue tegang sepanjang nonton. bukan karena Thanos-nya, tapi karena gue takut Runa bakal nangis atau cranky. bayangin dong, pas lagi adegan di pinggir danau yang mengharukan, ujug ujug bocahnya ngomong, “Ibuk, sandal Runa mau dicopot”. eaaaaa, untung ga ada yang nimpukin ahaha. Runa nya sendiri bertahan 1,5 jam sebelum kipluk sekipluk kipluknya tanpa drama apapun.

still, cukup sekali ini aja deh bawa bocah ke bioskop. akunya ga kuat nih qaqaq kudu sepaneng sepanjang film.

IMG_20161105_055908

terus, kalo buat ibu ibu yang pengen me time nonton gimana dong ?

saran gue sih mending nonton sendiri aja. selain lebih bebas, you’ll enjoy the movie more. plus suka ada seat nyempil di atas, jadi ga usah takut keabisan seat. ini terutama buat ibu ibu yang anaknya sudah sapih ya. anaknya sendiri bisa dititipin ke bapaknya, bisa di rumah aja (gue biasanya gini), atau sekalian diangkut semua ke mall. bapak anak bisa main basamo, ibuk nonton deeeeh…

kalo pengennya movie date gimana dong ? bisa dititipin ke eyangnya atau saudara lain. kalo ga bisa, anaknya mungkin bisa dititipin ke daycare, ayah ibunya cuti deh. lumayan banget kan bisa sekalian quality time, ga cuman nonton doang.

pemilihan jam nonton juga krusial ya. gue kalo nonton sendiri biasanya pilih jam jam abis dzuhur, karena deket jam tidurnya Runa. bapaknya tentu ikutan tidur zzzz. kalo pas gue titipin daycare, gue pilih jam nonton paling awal, biar cepet selesai. ada temen gue yang tinggal sama mertuanya dan dese sering nonton midnight, jam jam anaknya udah tidur dan ga seberapa merepotkan buat yang dititipin.

kalo semua opsi di atas ga bisa dijalani ? pasrah ya mom, mungkin rejeki kita masih streaming indoxxi. percayalah, ini semua akan berlalu dan kita bisa nonton di bioskop sepuasnya lagi *peluk*

IMG_20180302_124040
peluque berjamaah kakaaa

so what do you think ? nonton bioskop bawa anak, yay or nay ?

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s