Tips Nyaman Main di Luar Ruangan

Di blogpost sebelumnya, sempet dibahas kalo Runa nih lagi sering kami ajak main ke luar ruangan. Lalu ada beberapa yang menanggapi, kalau anaknya kok kayak ngga excited main di luar ruangan. Ada yang anaknya tetep nempel ke ayah ibunya, ada juga yang main sebentar terus udahan. Lebih seneng main di indoor gitu maksudnya.

Sebenernya sih, ini tergantung tipe anaknya juga ya. Kalo kayak Runa yang memang tipe seneng gerak, udah pasti hepi bener diajak main di luar, bahkan sekedar lari lari aja dese bahagiaaa… Terus, kalo anaknya tipe indoor, apakah tetep bisa diajak main di outdoor ? Tentu saja tetep bisa. Bisa jadi lho anaknya ga betah main di luar karena faktor kebiasaan aja. Coba deh mulai diajakin main keluar, siapa tau malah jadi seneng anaknya.

20181225_100011.jpg
anak gasingku. saking gasingnya sampe ngeblur :))

Apalagi menurut beberapa penelitian, main di luar ruangan ini buanyak manfaatnya. Selain memberi kesempatan tubuh buat bergerak dan mengembangkan motorik kasar seperti keseimbangan dan koordinasi tubuh, juga membuat badan anak terbiasa aktif; yang tentu saja akan membuat si anak lebih sehat dan terhindar dari obesitas. Bahkan konon anak yang lebih aktif itu lebih mudah berkonsentrasi di kelas daripada yang nggak. Bisa juga jam main di luar ruangannya berbarengan sama jam berjemur, jadi anak dapat asupan vitamin D juga. Terbukti banget kan kalo #AktifItuSehat.

Terus gimana dong caranya biar anak nyaman main ke luar ruangan ? Ibuk Runa punya beberapa tips yang mungkin bisa dicoba, yok cekidot !! (yaelah ketauan angkatannya hahaha)

Yang pertama, briefing. maksudnya gimana ? Sebelum kegiatan apapun, usahakan untuk ngomong dulu ke bocah. Apalagi kalo bocah udah 2 tahun ke atas, biasanya udah ngerti kok kalo di-brief gini. Simpel aja, misal hari ini kita mau ke lapangan bola, lihat kakak main bola, lihat sapi, dll.  Kalo kegiatannya agak berbeda dengan kegiatan sehari hari, bisa juga dijelaskan sekalian. Misal, nanti kita ke pantai, di pantai ada pasir, pasir nanti bisa masuk ke sela sela sandal kita, dst. Paling ngga si anak ngerti hari ini akan melakukan kegiatan dan biasanya mereka akan jadi lebih kooperatif.

Jangan lupa juga, perhatikan outfit-nya. Pastikan bajunya baju yang nyaman buat main di luar. Namanya bocah ya, kadang gerah dikit udah riwil. Pilih bahan yang menyerap keringat dan berwarna cerah, Karena konon baju berwarna cerah memantulkan panas. Runa sih seringnya pake kaos sama celana pendek. Pakaikan juga sepatu yang nyaman, kalo bisa yang anti selip biar ga kepleset pleset pas lari lari. Oiya, selalu bawa baju ganti ya buibu, gue sih biasa bawa 2 stel. Karena namanya bocah, adaa aja kejadian yang berakhir dengan baju basah dan kotor.

20181224_153058
pake dress kutung gini juga ngga geraah

 

Lalu, start small. Kayak kita aja deh mau mulai olahraga demi mengikis lemak di perut (ehem). Pelan pelan dulu. Kalo anaknya ga mau lari lari di lapangan, ya paling ngga pegang rumput dulu. Kalo anaknya belum mau nyebur kolam renang, ya diajak keceh keceh dulu (true story nya Runa, hahaha). Biasanya sih setelah anaknya nyaman, baru dia akan mau diajak main agak lama. Gue juga sering menyelipkan agenda jalan jalan di luar ruangan kalo pas plesir. Karena biasanya kegiatannya santai (kayak di Kebon Rojo) dan anak bisa eksplor hal baru.

Dan yang paling penting, bawa bekal. Ini krusial banget sih karena kalo main di luar itu kayaknya jadi lebih cepet capek dan lapar. Gue sih biasa bawain yang gampil gampil aja, paling french fries atau buah. Dan ga lupa juga, susu kesukaannya Runa yang travel friendly, Indomilk UHT Kids Full Cream. #IndomilkUHTKidsFullCream ini susu UHT tanpa tambahan gula dan garam dan tentunya tinggi kalsium. Rasanya cenderung tawar, jadinya ngga eneg, cocok buat diminum pas istirahat. Plus point lagi, produknya mudah didapat, bahkan di warung tetangga ada. Bisa lah mlipir dikit sebelum main lagi.

IMG_20181226_162529
istirahat di masjid sambil minum #IndomilkUHTKidsFullCream ? bisa !!

Nah, tunggu apa lagi ? Yok sering sering ajak anak kita main di luar ruangan !!

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s