alternative remedy for bapil

apa sih masalah yang paling sering menghampiri anak anak di bawah 2 tahun dan sering bikin emaknya senewen luar biasa ? jawabannya adalah bapil alias batuk pilek. kayaknya sedih gitu liat bocah idungnya meler dan mainnya keganggu batuk. belom lagi kalo malem suka ga bisa tidur gegara grok grok ga kelar kelar. kalo uda gini bisa bisa bocahnya jadi riwil dan minta ditemenin begadang, hiks…

20180901_112536_0001

bapil sendiri konon kebanyakan adalah common cold alias selesma, yang ternyata berbeda sama influenza. bapil ini sering menyerang anak anak di bawah 2 tahun karena emang daya tahan tubuhnya bocah masih di bawah orang dewasa. jadi kena virus dikit bisa langsung bapil deh. itulah kenapa seiring berjalannya waktu, kecenderungan bapil ini bakal berkurang. etapi mohon dibedakan sama alergi ya, karena beberapa gejalanya mirip.

gejala common cold paling keliatan sih idung meler ya, kadang kalo malem suka mampet. belom lagi kalo ada batuk, bahkan sampe muntah lendir. tidur juga jadi keganggu yang merembet ke masalah paling bikin hati nyut nyutan : SUSAH MAKAN, hahaha. meskipun rata rata common cold ilang dalam 1-2 minggu, tapi tetep aja ya bu. apalagi kalo anaknya singset kaya Runa. kalo gejala alergi biasanya lebih berat, kalo Runa biasanya ngaruhnya di kulit, bisa timbul semacam rash gitu.

20171107_095844_001
posisi PW pas meler : tengkurep !!

beberapa kali Runa kena common cold, gue selalu berusaha seminim mungkin kena obat. cie, RUM nih cie, hahaha. tapi gue juga liat liat bocahnya ya, kalo udah kesiksa banget atau batuknya udah lebih dari seminggu tanpa jeda ya berarti memang harus dibawa ke dokter. oh iya, Runa belom pernah dinebu karena konon DSA nya malah ga ada yang nyaranin nebu.

terus, apakah ada remedy buat common cold ini ? ada dooooong, dan kayaknya udah banyak dibahas ya. banyak minum air putih, makan banyak vit C, sampe mandi uap. gue sendiri sempet coba beberapa alternative remedy yang menurut gue baru dan belum banyak dibahas. berikut ini remedy atau home treatment yang udah pernah gue coba buat Runa yaaa…

FLUSHOT. flushot ini semacam jamu alias ramuan yang gue dapet resepnya dari temen Happy Eater, mba Diana. bahan bahannya gampang didapet : pear/apel, jeruk, kunyit, lada bubuk (kadang gue pake lada yg coarse, lebih pedes), wortel, kencur (terutama kalo lagi batuk parah). cara bikinnya gimana ? tinggal diblender aja sis, terus disaring buat bocah. konon tahan 24 jam aja ya, karena perlakuannya jadi kayak jus.

Runa doyan ga ? DOYAN BANGEEEET. gue sendiri ga nyangka, karena kan agak pedes secara ada ladanya. tapi ternyata anaknya doyan, jadi ya gue seneng seneng aja bikinnya. terus, apakah ngaruh ? laiknya home remedy lain ya, hasilnya ga instan. cuman yang gue perhatiin, kalo Runa rutin minumnya, biasanya ga jadi meler. entah sugesti juga kali yaa… tapi menurut gue ini worth to try banget. mana gampil pula. gue aja yang pemales hepi bikinnya hahaha. oh iya, kalo google resepnya sih banyak juga yang nambahin sayuran, yang penting tetep pake kunyit buat anti inflamasi yaaa…

maxresdefault
penampakan jadinya mirip gini gaes…

YOUNG LIVING RC. apa ? minyak dukun ? hahaha. gue udah lama sih sebenernya punya YL RC ini. kalo ga salah waktu itu pas hamil, karena suami alergi dan tiap tidur kayak kesedak lendir gitu. terus pas gejalanya ilang, nyelip juga si RC hahaha. lalu sekitar Lebaran kemaren, Runa batuk parah. awalnya karena dia penyembuhan cacar air, mungkin karena imun nya turun ya, jadi bapil berkepanjangan. eh baru deh inget kalo punya RC.

akhirnya gue pakein ke Runa, sehari 3 kali. tentu di dilute dulu ya, karena RC ini termasuk hot oil. karena waktu itu gue lagi di luar kota, akhirnya dilute nya ga ditaker taker amat hahaha. hasilnya ? cespleng sodara sodaraaa… setelah seharian gue oles oles di punggung sama dada, malemnya dia tidurnya nyenyak, udah ga pake grok grok parah. tentu ini dibarengi berbagai macam usaha lain ya, tapi gue yakin si RC ini ngaruh ngeeeets. oh iya, beberapa hari kemudian, keluar merah merah di punggungnya Runa, yang kayaknya adalah reaksi dari si RC. berarti, waktu itu pakenya kebanyakan, kurang dilute nya, ahaha. plis jangan ditiruuuu…

RC
RC dan ingredients nya.

BERJEMUR. ini sebenernya udah praktek super lama ya, tapi ntah kenapa kok malah jarang dibahas. jadi, Runa tuh sempet ada lendir gitu, tapi kayak ga bisa keluar. doi ga batuk, ga pilek, tapi kadang kedengeran grok grok napasnya. kucangkinglah doi ke DSA. dokternya cukup lama dengerin pake stetoskop sebelum mengusulkan hal yang tidak kuduga : sering sering berjemur.

jadi, berjemurnya bukan sambil jalan jalan pagi jam 6 an, tapi pas matahari udah mulai panas, ya sekitar jam 8an. cukup 30 menit aja, usahakan badan anak kena matahari. tadinya diriku pun skeptis, tapi ternyata setelah dijalanin 3 harian, bener lho grok groknya hampir hilang. dokter juga nyaranin dikombo sama mandi uap dan diolesin pelega nafas kayak transpulmin gitu. wow, ternyata mudah dan murah banget, sinar mataharinya gratis malah. plus nya, bisa dapet vitamin D khratis !!

20160311_071656
ngomongin matahari malah jadi inget sunrise cantik di Angkor Wat ini…

apakah remedy ini bakal ngaruh ke semua orang ? belum tentu ya pemirsaaaa, sangat sangat tergantung orangnya. gue sendiri banyak nyari saran untuk remedy atau home treatment buat mengurangi obat yang masuk ke Runa. karena beberapa kali ke DSA kok pada gampang ngets ngasih obat. tentu ada kondisi yang butuh obat, apalagi antibiotik, kayak radang atau suspek infeksi ya. tapi kalo batuk dikit dikasih obat kok aku ga sreg gitu lho bun…der.

semoga keluarga kita sehat selalu yaaa, aamiin !!

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s