Buku Buku Aruna – part 3

The Gang of Fur

gue nemu The Gang of Fur ini murni dari IG. gegara bolak balik cari buku anak, kok ndelalah liat dan baca baca post nya kayaknya oke. plus, ternyata mba Icha (mamalova.books) jual, jadi dibungkus ajalah. #mamakgatahangodaan #maunabungkoksusahamat

20171109_162900

ada tiga buku bukunya TGoF yang cucok buat anak usia 6 bulan ke atas, berbentuk board book. 123, AKU sama ABC Indonesiaku. mari kita bahas satu persatu. let’s !!

123. buku ini ngajarin berhitung dengan cara yang fun, yaitu lewat makanan, hahaha. isinya simpel sih, ngitung berapa jumlah wortel, berapa jumlah ubi. sebenernya ada jalan ceritanya, tapi kalo seumur Runa sih tunjuk tunjuk gambarnya juga udah hepi. bisa juga jadi sarana ngajarin nama nama warna, karena kualitas cetaknya juga bagus. terus makanannya juga makanan sehari hari, jadi kita bisa relate. kan susah ya kalo makanannya foie gras. melafalkannya saja aku sulit.

ukuran bukunya pun pas, ga kecil kecil amat, ga gede gede juga. Runa sendiri ga keliatan keberatan bawa bukunya. cuman emang belom pernah gue bawa jalan sih. kualitas bahannya juga bagus, agak glossy gitu. yah, kalo kena minyak minyak masih tersamarkan hahaha.

oh iya, salah satu yang bikin gemes, di tiap halaman, selain ada tulisan angka, juga ada gambar tangan sesuai angkanya. lucu yaaa… kan biasanya anak memang belajar berhitung pake tangannya dulu.

20171109_16292420171109_162948

AKU. zuzur ya, tadinya sempet ragu mau beli buku ini. kenapa ? karena kok kayaknya ‘gelap’ gitu lho bun, sampulnya aja item. tapi eh tapi, setelah dipikir pikir lagi kok kayaknya butuh juga ya. buku ini bertujuan buat mengenalkan agama sejak dini. dan ternyata warnanya memang sengaja dipilih yang kontras, karena konon bayi tuh lebih tertarik sama warna warna kontras.

desain bukunya sendiri simpel, tiap lembar ada tulisan simpel (tapi ngena) dan di sampingnya ada gambarnya dengan warna kontras. terus Runa suka ga ? pas awal awal sih mayan suka, makin ke sini kok ngga hahaha. mungkin karena dia udah lebih tertarik yang lebih warna warni ya. atau mungkin karena ibunya kurang bisa bacain ahaha. tapi seus, bingung lho bacainnya. kayaknya topiknya berat banget gitu lho bun.

sama kayak buku 123, kualitas cetaknya juga baguuuus. dan mungkin karena warna hitam glossy-nya ya, kesannya kayak buku mevvah gitu deeeh. bahkan eyangnya Runa pun suka sama buku ini.

20171109_163007_00120171109_163026

ABC Indonesiaku. buku terbarunya TGoF niiih… sempet ketunda PO nya, harapan masyarakat (baca : gue) pun tinggi syekaliiii… terus pas dateng, gue kaget, lah ternyata kok bukunya kecil amat ? lebih kecil dari buku 123 sama AKU. sempet kuciwa karena ekspektasinya bakal lebih wow.

tapi pendapat itu langsung berubah begitu liat Runa utak atik bukunya. ternyata ukurannya yang kecil justru lebih pas dibawa bawa bayi. dan karena halamannya banyak, dengan size segitu justru bikin ngga bulky. kadang Runa emang suka kesulitan memposisikan buku biar pewe sih, tapi pas pegang buku ABC Indonesiaku ini doi ngga kesulitan samsek.

another plus, bukunya enak banget dibawa jalan karena size-nya kecil itu tadi. dan karena bahannya yang tebel dan ga gampang kotor, jadi lumayan tahan banting juga. gambar-gambarnya pun baguuuus, gue aja suka. kebetulan Runa kan seneng banget sama Badanamu ABC, jadi kadang suka diganti deh lirik lagunya sama hal hal di buku ini.

meskipun ada beberapa pilihan kata yang maksa (Q for Queen Artha ? itu siapanya Meikarta dah ? or X for X Koto Gadang ? kinda maksa ga sih siiiiis ?), but it’s minor for me. ga mengurangi isi bukunya menurut gue.

20171109_163051_00120171109_163106_001

Honorary mention : Allah Ciptakan Tubuhku. buku ini sebenernya belom recommended buat seumur Runa sih. karena kata katanya udah banyak dan runut. jadi mungkin mulai bisa dibaca dari sekitar umur 5 tahun kali ya. plus bukunya bukan board book, jadi kalo dikasih ke anak yang belom ngerti ya so pasti bakal disuwek suwek.

buku ini bercerita tentang anggota tubuh yang diciptakan Allah dan fungsinya. plus ajakan jangan lupa bersyukur. gambarnya pun lebih kompleks dan detil, ada jalan ceritanya juga. dan memang kayaknya bakal lebih oke kalo dibacakan ke anak yang sudah sedikit mengerti konsep Tuhan.

ada juga penyebutan beberapa ayat tentang penciptaan, tapi ngga disampaikan dengan njelimet atau terkesan serius. gue pribadi suka sama buku ini, selain karena isinya ringan ringan berbobot, juga karena ilustrasinya nyambung dan mudah dipahami. sementara sih Runa belom gue bacain lagi. mungkin ntar pas doi agak gedean kali ya. kabarnya sih bakal ada seri buku Allah Sayang Padaku yang keluar besok pas akhir tahun. tapi kugalau nih beli apa ngga, hiks.

20171109_16312220171109_163133_00120171109_163147

all in all, buku buku The Gang of Fur ini menang di ilustrasi dan kualitas cetaknya. plus banyak konten Islami-nya. so if you’re a moslem, cucok meong lah. soal harga gimana ? emang agak pricey sih, tapi menurut gue masih worth the money. tinggal dipilih dan dipilah sesuai kebutuhan aja yhaaaa…

to be continued…*

 

 

*kalo mamak Runa ga males hahaha

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s