Aruna’s Birth Story

halo blog ku tersayaaaaang, makin banyak aja sarang laba labanya, hoahahaha. maafkeun ya, makin sedikit aja ini waktu ambo ngeblog, padahal bahannya sungguh bejibun. tapi eh tapi, ada satu cerita yang kayaknya kudu diduluin, keburu kadaluarsa, ahaha. tak lain tak bukan adalah cerita kelahiran anak wedok ku tersayaaaaang…

anaknya udah mau 6 bulan nih, ceritanya belom tayang aja di blog. jadi marilah kita kupas tuntas ceritanyaaaa…

5 November 2016. cerita bermula pas kontrol 38w di dokter idola kita, dr Hendrik Juarsa. cek sana sini, semua normal. mulai ada pengapuran plasenta, tapi masih dikit banget. dr Hendrik pun bilang dengan sotoy, “lahir tanggal 10 nih bu !!”. tapi abis itu doi bilang, kalo bisa jangan tanggal 10 – 11 deh lahirannya. kenapa ? soalnya itu tanggal cantik dan banyak pasien doi yang udah jadwal mau SC, otomatis kamar RS biasanya pun penuh dan resiko ga dapet kelas satu. but who knows, yekan ?

meskipun dalam hatiku pun pengen si bocah lahir tanggal 10 (#KlanTanggal10 FTW !!), tapi gue lebih pengen doi lahir sesukanya, semaunya. mau tanggal berapa aja boleh deh dek. ibuk sih manut ajaaah…

8 November 2016. gue masih melakukan ruitinitas power walk tiap pagi plus minum jus nanas tiap sore. Braxton Hicks pun masih mampir melulu, saking terbiasanya gue sampe udah cuek. tapi sore harinya, rasa kencengnya makin menjadi, meskipun bearable. masih bisa beres beres, cuci cuci, bahkan mandi keramas plus luluran.

9 November 2016. dari pagi, rasa kencengnya bertambah. rasa kurang nyaman pun mulai muncul. abis mandi, sekitar jam 9, keluarlah bercak darah. it’s the bloody show !! uwuwuwuw, hatiku mulai happy karena berarti bentar lagi ketemu si bocah. di sisi lain, rasa kenceng mulai meningkat lagi intensitasnya. inikah namanya cinta kontraksi ? cuss itung kontraksinya pake aplikasi.

ternyata, kontraksi gue masih acak. jedanya masih maju mundur, kadang 3 menit, kadang 7 menit. tanya tanya ke grup, katanya kalo belom intens sih belom perlu ke RS. whatsapp dr Hendrik juga katanya kalo udah 511 aja ke RS nya. (511 >> kontraksi 5 menit sekali, selama 1 menit dan sudah dipantau selama 1 jam). tiap kontraksi datang, gue mencoba tidur. tapi mak jang, tiap si kontraksi datang kok sungguh rasanya pengen ninju orang ya. inilah gunanya latihan napas dan hypnoborthing ya buibu.

diskusi sama suami, akhirnya kami memutuskan sore itu juga ke RS. secara ya perjalanan 1 jam sendiri. apalagi jeda kontraksi gue hampir stabil 3-4 menit sekali. ajaibnya, nyampe RS kontraksinya mundur lagi jadi 7 menit. di VT sama suster, bukaan 2. agak kuciwa, kirain udah bukaan di atas 5, secara kontraksinya heboh. akhirnya sama suami diajakin jalan jalan sekalian cari makan. nyampe RS, bukaan nambah jadi 3. ayok dek, bentar lagi kita ketemu !!

10 November 2016. I spent the night in agony. kontraksi gue makin intens dan gue sama sekali ga bisa tidur. pinggang udah kayak mau patah dan yang bisa gue lakukan cuman dzikir sambil liat jam. minta handuk dan air anget ke suster pun ga dikasih kasih. pelipur lara gue cuman dengerin John Mayer, meskipun abis itu istighfar terus balik dzikir, hoahahaha.

jam 7 pagi, dicek bukaan lagi sama suster bertangan segede hohah. bukaan 3 longgar. langsung dilapor ke dr Hendrik, karena udah 2 x 4 jam bukaan gue ga nambah. sebenernya ini aneh, karena pas di CTG, keliatan kontraksi gue kuat, setara bukaan 6/7, tapi nyatanya bukaan serviks mandeg di bukaan 4. di sinilah emosi gue mulai ga stabil. sebel sama suster, dokter, suami, juga diri sendiri.

lalu, muncullah dokter kesayanganku, dr Hendrik. gue yang sudah kesakitan pun mewek, merengek minta SC aja. suami gue yang liat gue kesakitan pun mengiyakan, udah ga tega. eh, langsung ditolak sama dr Hendrik. posisi bayi bagus, ketuban masih bagus, bukaan udah 3 longgar, kok minta SC.

cek bukaan lagi sama dr Hendrik, ternyata bukaan naik ke bukaan 4. ketuban gue pun dipecahin (sumber : kesaksian suami, katanya keluar air bening banyak banget, hahaha). akhirnya dr Hendrik nyuruh suster masukin infus induksi. keputusan sepihak ga sih, wong gue nya udah nangis nangis minta SC, ahaha. dr Hendrik pun pamit karena ada operasi, dengan janji surga >> jam 9 pasti udah bukaan lengkap.

I can’t really remember what happened in next 2 hours. seinget gue, suami gue ngaji non stop, sambil sesekali nyuapin kurma sama pocari sweat (the real dynamic duo !!). sementara gue sibuk mengalihkan pikiran dari rasa sakit kontraksi. mulai dari dzikir, humming, latihan napas, sampe mbayangin liburan ke Yurop. ga jauh jauh dari plesir ya sis. ada saat dimana pas gelombang kontraksi, yang bisa gue lakukan hanya melenguh, literally kayak sapi. abis gimana dong, it was the only way to minimize the pain.

sampai akhirnya, muncullah rasa ingin mengejan. kata suster, baru bukaan 8, belom saatnya ngejan. tapi yagusti, beneran deh. rasa ingin ngejan nya kuat banget, kayak lagi diare dan lo harus do your business saat itu juga. lenguhan lenguhan gue pun berubah jadi semi teriakan. it was so tiring. gue bisa manage rasa sakitnya, tapi gusti, tiap selesai kontraksi rasanya capek bener. apalagi saat itu udah hampir ga berjeda.

jam 9 tepat, dr Hendrik muncul lagi. cek bukaan, sesuai janji, udah bukaan lengkap, YEAY !! gue curiga deh doi sebenernya dukun. datanglah bidan bidan dan suster buat bantu lahiran. dr Hendrik pun ngasih aba aba, “ngejan nya kayak ngejan BAB ya buuu”. emang ada gitu ngejan yang bukan BAB ?

satu kali, dua kali, ga berhasil. si bayi naik lagi. plus napas gue udah keteteran. akhirnya gue di episiotomi. satu kali, dua kali, belum bisa juga. akhirnya dr Hendrik bantu dorong pake tangan. sakitnya sungguh subhanallah. sekali, dua kali, akhirnya rambut si bayi nongol. saat itulah gue bener bener ngejan pake teriak, dan… BERHASIL. YA ALLAH ANAKKU LAHIIIIIRRRRRR… Alhamdulillah deeeeeeek…

si bocah lahir dengan kaget, seolah doi lagi bobok terus dibangunin. karena ga langsung nangis, akhirnya dibawa dulu ke ruang bayi, dimana doi langsung nangis. dr Hendrik pun siap siap njahit, sementara gue nanya si bocah. katanya kan kalo liat bocah jadi ga sakit dijaitnya. si bocah ternyata masih di observe, jadi gue harus menghadapi proses penjahitan tanpa doi *halah. ajaibnya, gue bisa kalem aja lo, malah ngobrol aja sama dr Hendrik. jait jait selesai, barulah si bocah dianter buat IMD yang berakhir dengan tidurnya si bocah, hoahaha…

kalo diinget inget, feeling gue pas abis lahiran itu masih datar lho. seneng iya, grateful iya, capek iya, tapi ya masuknya kategori biasa aja. nggak yang heboh gimana gitu. little did I know bahwa kehebohan (baca : sleepless nights) baru aja mulai.

oh iya, kalo ada yang bisa gue ubah dari proses lahiran bocah, gue mau telp nyokap sebelum lahiran. dari awal gue memang pengennya berdua aja suami pas lahiran, plus memang nyokap gue kan artis sibuk (pengajian melulu siiiiis). tapi ternyata, proses lahiran yang heboh itu bisa bikin gue kangen sekangen kangennya sama nyokap. mamak memang jawaban semua permasalahan ya.

anyway, hampir 6 bulan berselang, sungguh hidup gue tambah warna warni karena si bocah. ga nyangka, anak kicik yang dulu hobi tendang tendang perut, sekarang uda hobi teriak teriak. but it’s another story…

IMG_20161110_093242_HDR
ARUNA SAFIA FARANISSA, born November 10th, 2016, 9.23 am.
share me your thought

