7series : jalan jalan essentials

*saat sedang blogwalking, salah satu posting yang paling seneng gue baca adalah posting tentang hal hal yang dinomori. seperti, ’10 cara mencari gebetan saat jalan jalan’, atau ‘5 tanda kamu berjodoh dengan pangeran negeri seberang’. seru aja baca yang dinomerin gitu. nah, gue pun terpikir bikin postingan serupa, bisa tentang apa saja. dan karena angka favorit gue adalah 7, maka terpikirlah gue bikin 7series. ikut ikut dikit 7summit nih yeeee :p. so, shall we ?*

sunrise in sabang

meskipun lagi seneng hayan hayan akhir akhir ini, gue sebenernya anak rumahan lho. parnoan dan suka merasa insecure di jalan. takut begini takut begitu. takut kesasar, takut duit abis, takut ga bisa pulang. semacam punya mental ‘daripada kesasar naik bis, mending naik taksi deh’. susah emang jadi princess. #huft

tapi sejak beberapa kali jalan jalan ‘susah’, akhirnya gue pun mulai mengurangi rasa takut ini. susah di sini maksudnya jalan jalan dengan akomodasi terbatas ya. sebangsa kudu naik bis ekonomi, nggembel di stasiun, nginep di hotel jam jaman (hoahahaha), gitu gitu deh ya. tapi kalo dibawa parno mah tetep parno ya sis. makanya, modal utama pergi pergi itu emang mental sih.

meskipun udah mulai terbiasa jalan jalan agak susah dan bawa barang seperlunya, ada beberapa barang yang ga bisa gue tinggal pas jalan jalan.  jangankan jalan jalan, nginep di rumah mpok kikoy aja barang barang ini kudu gue bawa. biar hati princess ini tetep secure dan damai. yukmari.

selain hape dan dompet yang emang barang wajib, apa aja sih princess’ essentials ini ? dianaaaaa…

1. scarf / kain bali + mukena

subhanallah, sholehah banget ya yours truly ini. kalo mukena, memang gue prefer bawa daripada di tempat tujuan ribet cari atau pinjem. meskipun ada beberapa hotel yang provide mushola yang decent, tapi tetep lebih enak sholat di kamar, ye gak. udah gitu kalo di jalan kan kita suka susah cari mukena. apalagi di pesawat. *pengalaman sholat di pesawat subuh subuh*. so mending bawa aja deh ya.

terus, scarf / kain bali buat apa ? buat macem macem sis. sajadah bisa, selimut bisa, diuwel jadi kayak syal juga bisa. kalo pas kepepet, bisa jadi jilbab ala ala juga. pokok e multifungsi banget. udah gitu, dese ga makan space gede di tas. must bring banget pokoknya !!

20150428_124621
bisa buat properti foto juga kakaaaak…

2. jaket

ini dasarnya gue yang gampang masuk angin aja sih. jadi biar kehangatan cinta badan tetap terjaga, gue biasanya bawa jaket. kenapa jaket dan bukan sweater atau jumper ? karena jaket lebih gampang dipake, apalagi gue pake jilbab. kalo sweater kan makenya lebih ribet, bikin berantakan jilbab pula. so jaket it is. jaket juga berguna kalo misalnya kita butuh keluar sebentar tapi males ganti kaos. tinggal pake jilbab terus dijaketin deh. praktiiiisss…

tapi jangan bawa jaket yang tebelnya ngalahin dosa ya seus. apalagi kalo perginya masih Indonesia dan sekitarnya. sekarang udah banyak kok dijual jaket windbreaker yang tipis kok. nggak makan space dan tetep stylish. #hazeg

20150425_145353
jaket merah favorit :*

3. pembersih muka + facial wash

bisa dibilang ini pet peeve gue. susah memang punya muka sensitif dan acne prone. salah pake pembersih sekali aja, besoknya pasti bermasalah. gue pernah dengan sotoy nya make pembersih muka punya suami karena punya gue ketinggalan. ‘ah cuman sekali ini aja’, pikir gue. eh besoknya gue bruntusan aja dong. KZL.

sejak itulah gue disiplin bawa pembersih muka dan facial wash gue sendiri. sabun badan dan sampo boleh berganti, tapi buat muka tetep ga bisa coba coba. kadang gue juga bawa obat jerawat dan masker, tergantung occasion dan kondisi muka. 

20141123_174851
lebih pilih gosong daripada jerawatan. yeukmari.

4. electronics

yang paling utama sih charger hape biar eksis tanpa hambatan. gue agak anti sih pinjem2 charger orang, lebih karena ngga enak aja. gue juga sering bawa colokan T, buat jaga jaga.
gue juga biasanya bawa headset, meskipun honestly gue lebih seneng bawa headphone. kadang pas di jalan dan pengen tidur, hal paling gampang adalah pasang headset dan senderan. bablas langsung ke alam mimpi.

anyway, akhir2 ini, setelah merasakan nikmatnya ngeringin rambut dengan instan (where have you been all my liiifeeee), gue juga sering bawa hair dryer. cukup yang kecil keluaran Ace. itu aja udah enak kok menurut gue.

20151016_103103
jangan lupa charge kamera sampe full sebelum dolan. biar eksis selalu 😀

5. kertas minyak, lipstik, lipbalm, parfum

biasanya sih, gue kemana mana bawa semacam make up pouch yang isinya segambreng. tapi kalo memang diharuskan bawa sesedikit sedikitnya, ya cuman empat benda itu aja yang gue bawa. kenapa bawa empat benda itu ? kertas minyak karena muka gue kayak kilang minyak. lipstik dan lipbalm karena gue pengen tetep fierce pas difoto tapi bibir gue kadang sekering Sahara. parfum karena gue pengen wangi, hahaha.

tapi semakin princess jalan jalannya, biasanya semakin bererot bawanya. lipstik segala shade, lip scrub, dan temen temennya pun dibawa kabeh. mumet ya sis.

20150403_142804
lipstik cetar for foto hendri, biar makin membahana

6. buku

seperti yang sudah pernah gue bahas di sini, rasanya ada yang kurang kalo ga bawa buku. selain buat temen di perjalanan, bisa juga buat bahan leyeh leyeh di tempat tujuan. bisa juga jadi bahan ngobrol sama stranger. #eyyaaa
gue merekomendasikan novel sih daripada komik. karena sepengalaman gue, komik itu lebih beresiko nyelip, kan doi kecil ukurannya.
favorit genre ? tetep romance dong yaaaa…

IMAG1470
view seru buat baca buku.

7. koyo/minyak kayu putih/fresh care

masih berhubungan dengan gampangnya gue masuk angin. kadang, gue bisa jadi kayak Xena. naik kapal, duduk di dek atas, kena angin dan air laut, tapi tetep seger buger. kadang, jiwa princess gue meronta. naik bis surabaya gresik aja tepar gara gara mabok.

makanya, gue selalu bawa obat2an ini kalo lagi nginep. biar kalo badan ga enak dikit, bisa langsung diobatin. meskipun kayak nenek nenek banget ga sih kemana mana bawa fresh care sama koyo zzzz.

20151010_163549
abis snorkeling masuk angin ? koyo + minyak kayu putih to the rescue !!

***

bilangnya tujuh barang, tapi kenyataannya banyak banget, hahaha. what can I say, namanya juga princess ya, pasti rempong dan ribet. kalo gue boleh membela diri, kebanyakan memang karena sikon gue yang kurang asik. gampang masuk angin dan acne prone itu kan ga enak banget yaaaa… kalo stamina gue kayak Hercules dan muka laiknya porselen sih gue pasti bakal lebih cuwek bebek. malah mungkin udah pamer poto poto fierce di instagram pake hestek #nomakeup sama #iwokeuplikethis.

untuk barang elektronik, ini kayaknya salah satu ‘kutukan’ jadi manusia jaman sekarang deh. dikit2 pengen foto, dikit2 pengen nge-share. jadilah kitorang ga bisa jauh jauh dari gadget dan anak anaknya. pengennya sih pas liburan bisa bebas dari gadget. enjoy the moment gitu lah. tapi apa daya nafsu foto foto narsis dan riya ku lebih besar. apa beli kamera aja yaaa ? *ditabok suami*

so, what’s your jalan jalan essential ?

share me your thought

