addiction : mellow and brokenhearted song

It’s not a silly little moment,
It’s not the storm before the calm.
This is the deep and dying breath of
This love that we’ve been working on.

Can’t seem to hold you like I want to
So I can feel you in my arms.
Nobody’s gonna come and save you,
We pulled too many false alarms.

We’re going down,
And you can see it too.
We’re going down,
And you know that we’re doomed.
My dear, we’re slow dancing in a burning room.

I was the one you always dreamed of,
You were the one I tried to draw.
How dare you say it’s nothing to me?  IMG_m5syv

I’ll make the most of all the sadness,
You’ll be a bitch because you can.
You try to hit me just to hurt me
So you leave me feeling dirty
Because you can’t understand.

We’re going down,
And you can see it too.
We’re going down,
And you know that we’re doomed.
My dear, we’re slow dancing in a burning room.

Go cry about it – why don’t you?
Go cry about it – why don’t you?

 My dear, we’re slow dancing in a burning room,

 Don’t you think we ought to know by now?
Don’t you think we should’ve learned somehow?

***

ada yang tahu lagu di atas ? kalo penggemarnya Mayer sih pasti tahu ya. lagu di atas berjudul Slow Dancing in a Burning Room. salah satu lagu John Mayer yang masuk ke album ketiganya, Continuum. terus kok gue tiba tiba ngebahas ni lagu sih ? apalagi auranya galau banget begitu. apakah ipeh sedang patah hati ? atau galau gara gara cowok ? amitamit gaes. cukup deh urusan begituan jaman belom kawin. sekarang sih patah hatinya kalo suami belom transfer, hoahahaha.

3ab5f5bd73853eed82b4fc5ff982562e

kemaren, tiba tiba gue inget percakapan absurd gue dengan temen, once upon a time, ketika kami lagi nongkrong asik di kampus. kebetulan saat itu gue nge-play lagu dari playlist winamp (yaulih, so yesterday !!). setelah beberapa saat, tiba tiba temen gue ini nyeletuk.

“lo itu penggemar lagu patah hati ya peh ?”

gue bengong. nggak ngerti maksudnya apa. ternyata, setelah ngedengerin lagu lagu di playlist tadi, temen gue ini baru ngeh bahwa hampir semua lagunya bertema patah hati. mulai dari lagu lagu boyband macam Westlife dan BSB, sampai ke lagu lagu Muse dan Sheila on 7 (jauh amat sis !!). dan gue pun baru sadar pas temen gue ini komentar. asli. sebelumnya blas ga kepikiran. I just put my favorite songs in the list. teman tadi pun melanjutkan komentarnya.

“jangan sering sering dengerin lagu patah hati ah peh. ntar lo jadi ga bahagia, jadi bosen idup”.

((BOSEN IDUP))

gara gara komentar dese, gue pun akhirnya merenung sepanjang perjalanan pulang. penting banget ya. tapi pada akhirnya, gue pun mengakui bahwa ya memang kebanyakan lagu yang gue suka itu emang bertema suram. ga cuman patah hati, tapi juga cinta ga kesampaian, friendzone, sampe ditinggal nikah (halo, MLTR !!). surem surem deh idup. tapi, kenapa sih kok gue bisa punya kecenderungan suka lagu surem begitu ?

funny-movie-quotes-sad-sad-song

dari hasil analisa dan merenung sotoy gue, ada beberapa alasan. alasan pertama, konon, gue ada kecenderungan masokis dalam hal percintaan. ini kata temen temen deket gue sih (sungkem sama Kucing). alasan kedua, gue pecinta kata kata puitis. makin lebai dan menusuk sanubari, gue makin suka. nah, kondisi apa lagi sih yang bisa bikin orang membuat kata kata puitis selain patah hati ? harus diakui, lagu lagu patah hati biasanya punya lirik yang lebih menohok dan menyayat hati. lirik yang bikin kita mengangguk sambil mbatin ‘I feel you, mas mbak’.

plus, coba perhatiin deh, penyanyi yang nyanyi lagu patah hati itu biasanya nyanyinya lebih powerful dan dari hati banget. inilah kenapa menurut gue Adele dan Sam Smith itu femes bukan hanya karena suara kerennya aja, tapi juga karena lagu lagunya yang bikin pendengarnya related. siapa coba yang ga senyum senyum perih denger Someone Like You-nya Adele ? dan, pasti lagu lagu begini juga lebih sering dinyanyiin di karaoke daripada lagu yang riang macam All About That Bass-nya Meghan Trainor. kenapa ? karena…

karaoke itu 10% nyanyi, 90% curhat. (Ariefa Marta, karaoke curhat sejak… 2009)

kembali ke laptop.

kesukaan tanpa sadar gue terhadap lagu lagu mellow galau pun terbawa sampe sekarang, bahkan saat gue udah nikah. gue sempet ngelist lagu buat kawinan, yang mana akhirnya ga jadi gue submit ke WO gara gara kebanyakan lagu suremnya, hahaha. btw kesukaan gue sama lagu mellow masih berakar pada hal yang sama : gue suka liriknya. I love how they wrote the lyrics, tanpa gue merasa related dengan isi lagunya.

Sad-Quotes-From-Songs-3-600x282

contoh, lagu di atas. Slow Dancing in a Burning Room ini bercerita soal sepasang kekasih yang sama sama tahu bahwa hubungan mereka ga bisa dilanjutkan, tapi sama sama ga mau melepaskan. padahal ya memang relationship mereka udah ga sehat, udah ga membahagiakan. pokok e surem rem rem.

coba perhatiin caranya Mayer nulis liriknya deh. dese membuka lagu dengan bilang bahwa hubungan mereka memang bermasalah dan ini bukan sekedar riak riak kecil aja. bahkan mereka udah saling ga bisa mencintai dengan cara mereka. terlalu banyak salah paham di antara mereka. di tengah lagu, Mayer bilang bahwa mereka berpikir bahwa pasangannya adalah The One, yang terbaik di antara lainnya.

tapi sayangnya, dengan semua salah paham yang ada, mereka malah saling menyalahkan dan pada akhirnya, saling menyakiti. ketika pada akhirnya mereka sadar bahwa mereka memang ga bisa jalan bersama lagi, mereka seolah mempertahankan apa yang mereka punya sampai saat terakhir. kalo memang harus nangis, ya nangislah, princess.

Mayer menutup lagunya dengan sebaris kalimat introspektif,

don’t you think we should’ve learned somehow ?

pait nggak sih sis ? meskipun gue ga pernah ada di situasi kayak gitu, tetep aja deh gue jadi baper tiap denger lagunya. John Mayer is surely a genius in songwriting. *keplok keplok sambil usap ingus*

saking sukanya sama lagu ini, gue beberapa kali posting bahwa gue baru dengerin lagu ini, plus ditambah beberapa baris lirik yang menyayat hati. mungkin karena orang Indonesia udah keseringan ngasih kode pake lagu kali ya, ujug ujug gue ditanyain apakah gue baru ada masalah sama suami. cuman karena gue posting lagu surem begini. yakeleus gaaaeeeees (-___-“)

I just simply love the song and the suremness of the lyrics.

apakah gue akan terus suka lagu surem begini ? kayaknya sih iya ya, namanya juga udah kadung cinta. tapi sebenernya gue suka sama lagu yang liriknya bagus dan puitis sih. percaya ga kalo gue cinta berat sama Selimut Hati-nya Dewa ? :p

so, what is your song addiction ?

share me your thought

