7 hal menyenangkan di Pulau Payung

20151011_060736
Pulau Payung. kalo hati kamu, udah dipayungin belum ?

diinget inget, terakhir gue main ke laut adalah di bulan April, waktu ikut trip bareng ibupenyu ke Sabang. beberapa bulan berlalu, gue belum main main ke laut lagi. bukan apa apa, kerjaan yang lagi banyak plus adanya kebutuhan lain yang lebih mendesak, bikin gue blas gak kepikiran buat main ke laut. tapi makin lama, jiwa ini kok makin sakau sama laut.

namapun jiwa impulsif ya, begitu baca di twitter soal trip Raja Wisata ke Pulau Payung, hati ini kok langsung terpanggil. selain karena ini weekend trip (pasti murah dong ya) juga karena kayaknya kok destinasi ini termasuk baru. nggak kayak Pulau Tidung yang kayaknya udah overshare banget. so, langsung lah gue ngajakin nyak kikoy dan cup tempat buat trip ini.

oh iya, ini adalah pertama kalinya gue ikut trip dengan tujuan ke daerah sekitar Pulau Seribu. otomatis, ini pertama kalinya juga gue ke Pelabuhan Kaliadem. gue kira pelabuhannya bersih dan teratur, meskipun deket sama pelelangan ikan. eeeeternyataaa, ya rame rame juga. banyak banget mas mas dan mbak mbak yang bawa keril dengan dress code beach holiday. pokoke kudu eksis ya mas, mbak *tos pake tongsis*

20151010_055525
eciyeee…

serunya, di sana banyak yang jual jajanan dan atribut liburan macam kacamata cengdem. ga usah takut laper deh. gue sama nyak aja begitu nyampe langsung beli batagor, hoahahaha. gadis gadis ga kuat iman.

terus, ada keseruan apa aja di Pulau Payung ? ada macem macem sis !! cusss…

snorkeling dan main di pantai

tujuan utama ke sini ya emang snorkeling sih. meskipun gue ga matok ekspektasi tinggi, mengingat patokan utama gue buat snorkeling adalah Takabonerate (begayeeee !!).

ternyata, lokasi kami snorkeling masih di sekitaran Pulau Tidung. meskipun airnya jernih dan ikannya banyak, yang paling gue sayangkan dari snorkeling di sini, adalah jumlah orangnya. rame banget. snorkeling berasa jadi cendol.

RIMG1152
snorkeling mesra :* :*

udah gitu, yang gue sayangkan banget, guide-nya ‘memanggil’ ikan pake remah roti. bahkan ada peserta trip yang sengaja bawa sari roti yang gede buat dikasih ke ikan. gemes sendiri ga sih ? pengen ngasih tau, tapi siapalah diri ini, hanya rontokan cupcake princess yang pemalu dan pendiam. hal ini masih jadi PR kayaknya ya buat para trip operator. kalo bisa jangan cuma liburan, tapi juga berpartisipasi menjaga alam.

tapi, snorkeling dan main di pantai tetep jadi hal yang menyenangkan kok. sensasi nyemplung dan main air di laut dan pantai itu emang ga bisa dikalahin ya.

RIMG1326

main ke laguna

satu yang seru dari Pulau Payung, ada laguna di sisi timur pulau. yang paling menarik dari laguna ini adalah warnanya yang seger banget. perpaduan toska muda dan biru itu beneran memanjakan mata. serunya, di pinggir laguna ini ada beberapa tempat duduk duduk juga. bisa banget buat ngobrol sambil foto foto alay karena memang laguna ini fotojenik banget. muka lusuh aja jadi cakep di sini, hahaha.

20151010_125801

konon, tanah di sekitar laguna ini adalah milik pribadi, jadi kita harus bayar retribusi kalo main di sini. tenang aja, cuman dua ribu perak kok.

20151010_125918
mumpung murah. foto (heboh) sepuasnya !!

ngopi di pinggir pantai

layaknya pantai wisata lain, di Pulau Payung ini ada warung warung yang jual makanan dan minuman, seperti indomie, kopi sachet dan cemilan lainnya. udah gitu disediakan juga tempat duduk yang menghadap pantai, ga jauh dari deretan warung. langsung deh gue dan nyak pesen kopi lalu duduk duduk menghadap pantai. kalo lagi beruntung, ibu warungnya suka bikin gorengan juga.

20151011_064518

kopi, gorengan hangat dan pantai. perpaduan maut banget ga sih ?

menanti sunrise

sebenernya, kita bisa lihat sunset dan sunrise di Pulau Payung. sayangnya, pas kami ke sana lagi mendung banget. jadi sunsetnya keliwatan. tapi karena sama mas guide dijanjikan sunrise yang cakep, kami pun bobok dengan tenang.

besoknya, kami kesiangan. hoahahahaha. tapi masih bisa banget lari ke deket laguna terus poto poto, mumpung belom telat telat amat. Alhamdulillah, bisa lihat sunrise yang cakep bangeeeet plus poto poto ala Dian Pelangi coret. tapi yang paling gue sukai dari melihat sunrise adalah perasaan humble yang tiba tiba muncul saat nungguin matahari yang terlihat kecil lalu perlahan meninggi. damaaaaai banget 🙂

20151011_060339

bebakaran ikan

satu menu wajib yang pasti ada pas main ke pantai adalah ikan bakar. kebetulan, mas Denish, team leader kami, ngajakin bakar ikan di pinggir pantai. dipilihlah ikan kuwe yang bikin ngelus dada saking gedenya. setelah mateng, ikan disajikan dengan sambel kecap. endeuuuuuus. ikan yang ditangkep fresh tuh emang rasanya lebih enak ya. nggak amis gitu. meskipun makanan wajib di pantai menurut gue adalah coffeemix sama indomie rebus sih, hoahahaha.

20151010_211859
ehem.

ternyata, tadinya di Pulau Payung ada semacam tempat pembesaran ikan kuwe dan beberapa jenis ikan lain. ikan ikan ini sengaja dibesarkan di situ biar kalo ada yang lagi ngetrip dan butuh ikan, jadi gampang ngambilnya. tapi sekarang tempat pembesaran ikan ini lagi kosong karena jumlah turis yang datang lebih banyak dari jumlah ikan yang disediakan. rakus yeeee…

goler goler manja

karena di Pulau Payung belum ada resort atau losmen, maka kami pun nginep di rumah penduduk berkamar tiga. di ruang tengah yang cukup lega pun digelarin kasur. luar biasanya, rumah penduduk ini udah dilengkapi AC !! kebayang dong betapa nikmatnya kami goler goler sambil nonton TV dan ketawa ketawa, nggak pake panas pula, hahaha.

goler goler ini pun bisa dilakukan di beberapa kursi bambu di deket pantai. mana pas hari minggu ternyata banyak anak muda pulau (hazeg) yang rame gitaran. seru banget !!

RIMG1141

dapet kenalan baru

nah ini nih yang udah pasti bakal didapetin tiap open trip. kebetulan, rombongan kami jumlahnya sepuluh orang. bisa dibilang cukup pas lah. ga kebanyakan, ga kesedikitan.

dari beberapa trip yang gue ikutin, Alhamdulillah selalu ketemu sama temen temen ngetrip yang menyenangkan dan gak ngeselin. ada sih yang riewuh satu dua, tapi masih bisa di batas yang wajar dan bisa ditoleransi.

20151011_102953
KKN PPM UGM :))

yang lebih seru lagi ? kenalan kenalan baru ini biasanya cukup asik buat ngajak (dan diajak) trip lagi !!

***

overall, trip singkat ini mampu banget meredakan sedikit rasa sakau laut gue. meskipun sebenernya hati ini masih kangen sama underwater yang warna warni, but udah gue bilang ekspektasi gue udah gue set rendah kan ?

so, is this trip recommended ? banget, apalagi mengingat harganya yang cukup murah. hahahaha, UUD ya mak.

mungkin memang banyak orang yang ‘sadar liburan’ sekarang. lalu semuanya cari yang dekat dan murah. ya otomatis daerah situ situ doang. apalagi difasilitasi trip operator yang sekarang juga udah menjamur dan bersaing harga. persaingan TO pun akhirnya mempengaruhi para guide juga buat cari cara biar tamunya puas dan merekomendasikan TO mereka. salah satu caranya, ya mancing ikan pake roti itu tadi. kan foto underwater jadi salah satu bahan jualannya.

bagusnya, banyak warga yang mulai sadar potensi daerahnya. bahkan di Pulau Payung ada satu anak SMK yang sekolah di Pulau Tidung tapi tiap weekend pulang buat bantu bantu ngurusin tamu. all the best ya dik !! semoga bisa bikin lingkungan sekitar terjaga meskipun udah jadi tempat wisata.

smell you later !!

RIMG1273
kalo kata mba Vindhya, oranye-nya ngganggu !! :))
Advertisements

4 thoughts on “7 hal menyenangkan di Pulau Payung

  1. Duh jadi makin makin makin sakaw laut deh setelah baca postingan ini. Tiga bulan di Tangerang baru tok sekali ngeliat laut, itu pun liatnya dari atas ketinggian wahana Hysteria Dufan. Hahaha… Boleh banget tuh TOnya… aku googling dulu. 😀

    Like

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s