#154 reading on road

gaaaaesss… udah pada balik merantau belom gaaaaaesss ? apa udah terpaksa nyangkut di kantor kayak gue ? hahaha. ya sudah dinikmati sajalah ya. Alhamdulillah masih ngerasain suka dukanya mudik meskipun tiketnya mahal benjet.

salah satu hal yang diem diem gue sebelin dari mudik adalah packing. lho, bedanya sama packing hayan hayan biasa apa ? kalo packing biasa kan baju bisa semau kita. kaos oblong, celana kolor, sampe jilbab sosor juga hayuk aja. beda cerita sama packing mau mudik dalam rangka Lebaran. pemilihan baju harus disesuaikan sama acara halal bihalal di kampuang. harus pantas tanpa terkesan too much. dan harus terlihat paripurna, biar yang mau tanya tanya rese langsung jiper duluan, hoahahaha.

selain ribet urusan baju, ada satu hal lagi yang selalu bikin gue galau kalau lagi packing. galau kok kebiasaan. tak lain tak bukan adalah bacaan. jadi ya, gue punya kebiasaan kemana mana bawa buku, at least komik lah. kenapa ? buat antisipasi biar ga mati gaya kalo misalnya pas pergi kita terpaksa nunggu. nunggu temen, dokter atau jodoh customer. juga buat ngurangin pemakaian hape sih. kalo tiap nunggu kita liat hape, baterai cepet abis dong ya. plus mata perih. kebiasaan ini pun kebawa pas gue mau pergi agak jauh. rasanya ada yang kurang tanpa kamu bawa buku.
kalo sehari hari, yang ada di tas gue biasanya komik atau majalah. isinya enteng, ringkes alias nggak berat beratin tas dan pas buat dibaca sekali duduk. nah, kalo mau bawa bacaan pas pergi agak jauh, baru deh jadi tricky. mau bawa komik kok kayaknya ketipisan (baru nyampe bandara udah kelar bacanya), tapi mau bawa yang tebel kok ya ribet. terus gimana dong kalo mau pergi agak jauh dan tetep pengen bawa bacaan ? here are my nggak-penting-penting-amat-tips soal bawa buku sambil hayan hayan. agogo !!

important enough ?
selain buat mengisi waktu nunggu, buat gue bacaan juga bisa dinikmati di sela sela liburan. pas bobok bobok lucu di Sabang misalnya.
menurut gue, saat traveling, bacaan sebenernya barang komplementer kok. gak bawa gak pa pa. kecuali kalo buku yang mau dibawa travel guide ya atau lo emang ga bisa tenang kalo pergi ga bawa bacaan.
makanya, pertimbangkan baik baik sebelum yey memutuskan bawa bacaan pas traveling. kira kira bakal dibaca ga ? atau jangan jangan bakalan ngendon di tas doang ? kalo emang kayaknya ga penting penting amat atau yey masih bisa survive pas mati gaya tanpa baca buku, ya mending ga bawa. menghemat space di tas juga kan ?

size does matter
ngomong ngomong soal space, tentu berhubungan sama size dari si bacaan ini sendiri. bukan cuman dimensinya, tapi juga tebal kertasnya. karena kalau sampe bawa buku yang tebel dan gede, kan repot sendiri nantinya ngatur bawaan. terus ukuran paling enak seberapa ? terserah yey. yang jelas sih harus mengikuti ukuran tas. biar gampang ngambilnya.
majalah sih tipis, tapi bisa jadi lho majalahnya lecek ketiban barang barang kita yang lain. kan sayang bok beli mahal mahal.

travel related… or not ?
terus kalo traveling, enaknya bawa yang berhubungan sama travel ga ? buku bukunya mbak Trinity misalnya ?
sebenernya terserah sih, preferensi masing masing. tapi kok gue lebih suka bawa yang nggak berhubungan sama travel ya. karena kalo baca baca buku tentang traveling kok rasanya malah kurang bisa menikmati jalan jalannya. mau pergi ke Lembang tapi yang dipikirin trip ke Amrik.

most recommended : novel
bacaan yang paling sering gue bawa jalan adalah novel. apalagi novel novel seukuran novel Harlequin. ukurannya pas buat masuk ke kompartemen kecil di ransel bagian depan, jadi ngambilnya juga gampang.
selain itu, novel kan isinya fiksi yang rata rata ringan. otak ga terlalu ribet mikirnya, hati pun happy soalnya banyak bahan imajinasi. etapi kalo yey lebih suka bawa buku non fiksi juga gapapa. kan sekarang banyak tuh buku non fiksi yang penyampaiannya bagus, isinya seru dan bacanya ga bikin capek. asal jangan bawa buku kuliah aja sih.
gue pernah coba bawa buku pengetahuan ala komik gitu. alhasil gue malah jadi kebosenan sepanjang jalan. so for me, novel still the best.

don’t bring your most favorite
seringnya, gue bawa bacaan yang sebelumnya belum pernah gue baca. ini lebih karena gue suka laper mata sih liat novel baru di Gramedia, hahaha. kalopun ga ada yang baru, biasanya gue bawa salah satu novel yang gue suka, tapi ga suka suka amat. kenapa ? kalo ada novel yang gue suka banget, biasanya gue juga udah apal sama adegan adegannya. jadi bosen dong cyin.
atau bisa jadi bawa novel yang kitanya biasa aja. siapa tau abis dibawa jalan jalan terus jadi suka sama novelnya. this was happened to me and Antologi Rasa by Ika Natassa. pas pertama baca masih biasa aja. sampai akhirnya si novel gue bawa mudik dengan niat ditinggal di Solo. eh lha kok malah ketagihan sampe si novel gue bawa balik lagi ke Jakarta.

buy it impulsively
ini tips agak nggak bener dan mahal sih, hoahahaha. sering kejadian kalo gue udah mati gaya parah dan novel yang gue bawa udah kelar gue baca. biasanya sih gue beli majalah, di mana di tempat tujuan bisa gue tinggal begitu aja. di airport atau stasiun sih kayaknya lumayan banyak ya sekarang yang jual buku bacaan atawa novel.
cuman, kita harus pinter pinter milih buku atau majalahnya. bener bener judge a book by it’s cover deh. kalo dapet novel bagus ya Alhamdulillah, kalo nggak ya yo wis. kadang, gue beli majalah dan majalah ini gue tinggal di tempat tujuan. majalahnya yang murah murah aja ya kakaaak…



so, what is your favorite books to bring when traveling ?

Advertisements

One thought on “#154 reading on road

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s