#147 – World Book Day Special – Sandra Brown



selamat hari buku, wahai semua penggemar kertas kertas yang dijilid !! percayalah, bau buku tidak akan pernah tergantikan dan kenikmatan baca komik sambil bobok bobok harus dilestarikan oleh generasi penerus.

dari jaman bensin masih dua ribu perak, yours truly ini uda hobi membaca (ketauan deh umur akika). cerita rakyat, koran, sampe majalah ibu ibu pun dilalap abis pake sambel. tentu aja, bacaan favorit masih komik dan cerita bergambar. seiring berjalannya umur, mulailah kenalan sama novel novel Indonesia, yang biasanya jadi tugas mata pelajaran bahasa Indonesia. mulai dari angkatan lama (Marah Rusli !!) sampe yang kontemporer macam Mira W (dan tentu saja idolaku, Kembangmanggis dan Arini Suryokusumo).

agak-agak puber dikit, mulailah diri ini penasaran sama novel terjemahan terutama keluaran Harlequin. gimana ya pdkt ala bule ? gimana sih kehidupan dewasa orang Amrik sono ? aku penasaran !! meskipun di persewaan langganan bertumpuk-tumpuk novel unyu ini, manalah aku berani sewa ? bisa diaduin aku ke bapakku gara gara yang punya persewaan ce-es-an sama sepupuku dan kenal sama bapak. udah gitu, cuman megang sampulnya yang bergambar mas mas dan mbak mbak ikrib dalam berbagai pose aja aku ndredeg. cupu pokoknya.

tapi kecupuan itu hanya berlangsung sebentar, karena ternyata pas mberaniin diri nyewa salah satu novel unyu ini, ternyata pada lempeng lempeng aja tuh. ngaku ke bapak dan sepupu itu bahan resensi buat ujian (aku cerdas ya !!) dan mereka ga komentar apa apa. mulai dari sinilah pengetahuan yang mendalam soal novel unyu dimulai.


seiring berjalannya karir pernovel-unyuan (HALAH), tumbuhlah rasa pilih kasih ke satu pengarang yang ceritanya kok bikin deg degan dan terhanyut kayak Bengawan Solo. tak lain tak bukan adalah seus Sandra Brown. sampai saat ini, posisinya sebagai pengarang favorita pun tiada mampu digeser. nah, dalam rangka menyambut Hari Buku, bolehlah kita kupas tuntas tentang jeng Sandra dan buku bukunya. (nggak nyambung, tapi dimaafkan ya *sungkem*)

jeng Sandra ini termasuk pengarang yang keren dan femes internationally. doski tadinya wartawan yang akhirnya banting setir nulis novel dan sekarang uda nulis lebih dari 70 novel. dan novel novelnya pun ciamik punya. banyak temen akik yang tadinya mencibir novel unyu pun memuji novel jeng Sandra (selanjutnya disingkat jengSan). caranya doski bercerita keren dan detil, plus plot-nya runtut. satu hal yang paling akika suki dari jengSan, doski pinter banget bikin adegan yang ‘mak deg’. tau kan, adegan yang bikin kita kaget dan ikutan heboh pas baca. apa yang baca aja yang emang hendri ya ?

oh iya, banyak dari novel jengSan yang settingnya di Texas dan sekitarnya. maklum sih, doski memang warga sono. jadi tahu banyak soal Texas (koboi, dll) ya dari novel-novelnya doski. beberapa novelnya juga difilmkan, meski kayaknya ga femes femes amat.


jengSan ini ga cuman jago nulis novel romance unyu lho (or called Classic Romance in her website). tapi juga jago nulis novel detektif / thriller / suspense berbumbu unyu unyu (called Suspense & Thrillers ). di kategori ini, unyu unyu-nya beneran cuma bumbu. meskipun jelas terkait plot, tapi porsi penceritannya ga lebih gede dari suspense/thriller-nya. biasanya sih ceritanya soal pembunuhan atau dendam keluarga yang mendarah daging.

sebenernya ada satu kategori yang ditulis jengSan, tapi ga terlalu nendang; Historicals. selain cuman dikit, konon review-nya juga biasa aja, kecuali Rainwater, yang review-nya kok apik apik. mungkin jengSan ingin mengikuti tren dunia per-Harlequin-an tapi ternyata gaya nulisnya ga terlalu cocok untuk jenis historicals.

so, apa aja novel jengSan yang recommended ? of course yang uda diterjemahin di Indo ye, kalo ga, susita dong jij nyarinya di basement Blok M Plaza ? here we go !!

CLASSIC ROMANCE
warning :
namanya romance, pasti manis dan unyu dong yaaaa… tapi laiknya novel novel bule Harle yang lain, banyak adegan ‘ehem’ bertebaran di novel novel berikut. beberapa implisit, beberapa lain cukup eksplisit. meskipun sudah diperhalus terjemahannya, tetap ada beberapa orang yang ga terbiasa baca dan jadi rishi. so, read on your own risk 😀

1. 22 Indigo Place
bercerita tentang Laura Nolan, yang terpaksa harus menjual rumahnya di Indigo Place gara-gara bangkrut. ternyata, potential buyer-nya adalah James Paden, mantan bad boy lokal yang sekarang jadi miliuner dan punya… ehem, skandal masa lalu sama Laura. apakah yang akan terjadi ? *zoom in zoom out*
novel ini tipe novel Harle yang manis, meskipun kadar manisnya agak berlebihan, tapi nggak yang sampe bikin eneg kok.


2. Adam’s Fall
Adam Cavanaugh, mas mas ganteng dan kaya, jatuh saat pendakian di gunung bersalju (Alpen ? Andes ? akika lupaaa…) dan divonis lumpuh. doski pun mencari terapis yang bisa at least bikin dia mandiri. salah satunya mbak Lilah Mason, yang enerjik dan sak senengku dewe. mereka pun kerjaannya berantem (yang mana menyenangkan buat dibaca), sampe terjadilah sesuatu yang membuat pendapat mereka satu sama lain berubah. (gusti bahasaku…)


3. Hawk O’Toole’s Hostage
atas nama kesejahteraan suku Indian, kepala suku Hawk O’Toole menculik anak dan mantan istri anggota DPR, Miranda Price. ada sengketa tanah antara suku Indian dan pemerintah. karena beberapa kali ancaman dari suku Hawk nggak direken, mereka berencana menahan anak Miranda untuk seterusnya.
penulisan konflik personalnya Hawk (blasteran Indian & Irlandia) keren dan enjoyable banget. kita pun jadi memahami keputusan dan tindakan doski sepanjang cerita.


4. Long Time Coming
astronot Law Kincaid baru tau bahwa dia ternyata punya anak di luar nikah dan si anak dirawat tantenya, Marnie Hibbs. setelah tahu, Law pun pengen mengadopsi anaknya, yang mana ditolak mentah mentah sama Marnie, karena selama ini mereka masih bisa hidup tanpa Law.
buku ini memuat adegan paling sedih di antara novel jengSan : adegan David (anaknya) ulang tahun. lho, emang kenapa ? lahacia. *ditabok*


5. A Treasure Worth Seeking
Erin O’Shea terpisah dari ibu dan kakak laki lakinya dari kecil. setelah pencarian beberapa lama, dia menemukan kakaknya yang ternyata terlibat penggelapan uang dan dia ditahan di bawah pengawasan Lance Barrett, aparat pemerintah. selama penyelidikan, Erin tidak diperbolehkan pergi dan terpaksa tinggal serumah sama Lance, krunya dan istri kakaknya.
alur ceritanya bagus dan konfliknya Lance – Erin lumayan menarik. meskipun beberapa paragraf terakhir agak mengganggu, tapi termaafkan.


Honorary Mention : Bittersweet Rain
Rink Lancaster bertemu kembali dengan cinta pertamanya Caroline Dawson, yang sekarang jadi ibu tirinya karena Caroline menikahi ayah Rink.
banyak konflik di novel ini, mulai dari motif Caroline menikahi ayah Rink, masa lalu Rink, juga ada cerita soal adik Rink yang agak ‘spesial’
kenapa honorary mention ? karena nyari novelnya susah banget !! sampe harus ngubek ngubek bazaar buku dan rebutan sama mbak mbak persewaan. dan ternyata emang bagus dan unyu, meskipun setelah dipikir pikir, bukan best piece-nya jengSan juga, hahaha.



SUSPENSE & THRILLERS
I will try my best for not giving you any spoiler. but kalo keceplosan… ya maaaaaap 😀
warning masih sama dengan di atas ya 😀

1. Best Kept Secrets
Alexandra Gaither kembali ke kampung halaman ibunya untuk mengusut jejak pembunuhan ibunya. ada beberapa orang yang dia curigai, tapi dia harus menyelidiki lebih dalam. permasalahannya, kasus pembunuhan ibunya melibatkan banyak orang, termasuk mantan cinta pertama ibunya, Reede Lambert.
agak sedikit krik waktu tau jarak usia tokoh utamanya 17 tahun. om om banget nggak sih sis ? but surprisingly, they’re doing good ! terus yang membunuh ibunya siapa ? lahacia :p


2. Mirror Image
reporter Avery Daniels jadi korban kecelakaan pesawat dan terbangun di rumah sakit. anehnya, semua orang memanggilnya Carole Rutledge, istri Senator Tate Rutledge. ternyata, ada orang yang mau membunuh Senator dan bekerja sama dengan Carole. Avery yang tadinya mau buka suara pun akhirnya memilih diam diam menyelidiki siapa orang yang mau membunuh Senator.
sepanjang novel, akika heboh sendiri nebak nebak siapakah yang berencana membunuh Senator. keren banget deh jengSan menggiring opini pembaca dan bikin deg degan selama Avery dalam penyamaran. suki !


3. The Switch
temanya mirip Mirror Image, tapi berbeda (lah piyetoh). Gillian dan Melina adalah saudara kembar identik. mereka sering bertukar tempat, sampai akhirnya salah satu dibunuh. Chris Hart, astronot NASA, terpaksa terlibat dalam investigasi pembunuhan yang ternyata berakar pada sesuatu yang jauh lebih besar.
suka sama novel indaaaang… plot twist di sana sini dan banyaknya karakter justru makin menantang buat ikut mecahin kejadian sebenernya.


4. Standoff
salah satu buku yang butuh waktu lama buat dibaca. buku ini menceritakan tentang Tiel McCoy, wartawan yang terlibat dalam drama penyanderaan oleh sepasang anak muda. jadi yang diceritain di buku ini, ya cuman kejadian itu doang, penyanderaannya, minutes by minutes. detil banget dan salah satu bukunya jengSan yang dibaca dengan penuh konsentrasi saking intensnya.
meskipun tetep endingnya unyu unyu sih yaaaa…


5. Envy
Maris Matherly-Reed, editor buku, menerima naskah yang menurutnya keren dari penulis berinisial PME. Maris pun tertarik. ternyata, si PME ini alias Parker Evans, adalah penulis ngeselin, karena tau tau doski ogah nulis. karena penasaran, disamperinlah si penulis ini. ternyata, ini semua hanyalah plot yang memang direncanakan Parker, yang ternyata berhubungan dengan masa lalu suami Maris, Noah Reed.
begitu selesai baca novel ini, akika langsung standing ovation. gusti, keren amaaaaat… cara penceritaannya keren dan bikin kita menduga duga masa lalu Parker dan who did what. pokoke keren bingit lah.


Honorary Mention : Exclusive
tokoh utamanya adalah mbak mbak idolaku dan simbah, Barrie Travis, seorang reporter yang pinter dan gesit, tapi agak sembrono dan jiwa keadilannya tinggi. Barrie terkena skandal yang menyebabkan karirnya anjlok, sampai tiba tiba dia dipanggil First Lady untuk wawancara. semakin Barrie menggali, semakin banyak rahasia yang terungkap, termasuk yang berhubungan dengan Gray Bondurant, salah satu ajudan presiden yang udah resign.
kenapa honorary mention ? karena aku sama simbah jatuh cinta sama tokoh utama wanitanya, hahaha. we never met a heroine as fun as her. ditambah, kayaknya ini satu satunya novel jengSan yang endingnya nggantung dan multitafsir. loooove it !!


***
gusti, kok panjang amaaaaat ? gapapa ding ya, demi Hari Buku 😀 (hari buku kok mbahasnya Sandra Brown, mbok yang berbobot gituuuu…)
btw, beberapa ada yang republish ya, tapi akika kok ga dapet pic yang decent, jadi ya cover lamanya aja yang dipajang. oh iya, makin kesini kayaknya jengSan ini makin demen nulis Suspense  Thriller. mungkin karena banyak yang suka ya, jadi doski fokus ke situ.

pokoknya, buku buku jengSan ini tetap menancap bak jarum di hatiku dan akika masih apal lho nama tokoh dan jalan ceritanya. kemampuan yang tidak pada tempatnya :))

apapun itu, I read them for fun. and I enjoyed them, a lot.

so, who is your favorite author ?

remember this famous quote from George RR Martin (Game Of Thrones’ author)



smell you later, people !!
*all pic taken from google as it kinda tricky to find the books’ pics 😀

Advertisements

2 thoughts on “#147 – World Book Day Special – Sandra Brown

  1. Aaah aku juga suka banget buku original copy, tak tergantikan pokoknya, meskipun katanya aku ngga paper friendly. Biarlah, secara emang jadul juga, dulu pun koleksi buku2 Sandra Brown ini, tapi sekarang ntah dimana 😦

    Like

  2. wah seneng, ada juga yang koleksi Sandra Brown, hehe
    tenang mba, beberapa judul di republish koook…

    memang kertas kertas yang dijilid itu irreplaceable ya 😀

    salam kenal ya mba Sandra 😀

    Like

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s