#135 Takabonerate Trip : preview

pulau punya sendiri, jeng ?
 
haaai, halooo… pada kangen nggak sama ndoro putri ? *krik*
pasti pada penasaran yekan, kok hampir 2 mingguan ndoro putri ilang dari dunia curhat tulis menulis disindang. buat yang follow sosmed pasti tau dong ya, ndoro putri abis kemana. tak lain dan tak bukan, ndoro putri abis liburaaaaaan… *lempar lope lope ke udara*
 
ih asik banget ya, cungpret begini masih bisa liburan. anyway, liburannya berapa lama ? 6 hari, 20 – 25 Nov 2014. bareng siapa ? sama laki dan nyak kikoy. kita ikut trip-nya ibupenyu, so pasti ada temen teman baru juga dong. kemana ? Takabonerate dan Makassar.
 
eh ?  Taka what ?
 
yep, untuk liburan kali ini emang tujuannya jauhnya ga kira kira. kami liburan ke Takabonerate, 13 jam perjalanan dari Makassar. Takabonerate ini adalah taman nasional tempat gugusan atoll terbesar ketiga di dunia (setelah Kwajifein di Marshall Island dan Suvadiva di Maldives). atol sendiri adalah koral yang mengelilingi laguna dan muncul di permukaan laut. dan karena pembentuk atol adalah koral, kalo gugusan atol nya gede, berarti koralnya banyak dong yaaa…
 
lho, ndoro tau Maldives-nya Indonesia (azeg) ini dari mana ? jadi ceritanya tersebutlah seorang temen kantor, sebut saja Mas Yusa, karena emang namanya itu. doski cerita kalo abis dari Derawan dan planning on his next trip. ngobrol ngalor ngidul, doski pun nyebut pengen ke Takabonerate, disertai poto poto dari temennya. ndoro putri pun langsung kesirep pas liat gambarnya. cancik bingit. eh ndelalah kok di bulan Juli 2014, ndoro baca via twitter kalo @ibupenyu mengadakan trip kesana. langsung deh cap cip cup tempat dan Alhamdulillah jadi berangkat.
 
ndoro, nyak kikoy + laki. somewhere in Takabonerate
airnya menggoda iman banget ya gaes.
Takabonerate sendiri sekarang udah jadi taman nasional, di bawah Kementrian Kehutanan (jangan tanya kenapaaa, karna ku tak tahuuu… *ditabok*. etapi pas kami kesana, para guidenya lagi asik nggosip tentang Takabonerate yang katanya akan dipindah ke bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan. all the best for daengs ya :*). Di Takabonerate ini ada sekitar 20 pulau dan ada 7 yang dihuni penduduk. Penduduknya kebanyakan suku Bugis dan Bajo, yang memang suku laut. jadi ndak cuman wisata alam aja disini, tapi juga wisata budaya, ihiy !
 

peta zonasi Takabonerate, dicomot dari web http://tntakabonerate.com/id/. click to enlarge ya

yang bikin sedih, ternyata masih banyak lho orang Indonesia yang ga tau tentang Takabonerate. pas jawab kalo mau liburan ke Takabonerate, reaksi orang rata rata sama. “eh dimana itu ?” , “itu luar negeri ya ?” atau yang ekstrim “itu di Afrika ya ?”. hellooooo, peopleeee… tapi kalo misalnya googling soal Taka taka bon bon ini emang yang keluar banyak blog bule sih, daripada lokal. itulah kenapa, tiap tahun, diadakan juga Takabonerate Expedition, semacam Sail Komodo atau Sail Raja Ampat, yang bertujuan buat promosi dan menarik wisatawan.
 
untuk menuju ke heaven on earth-nya Sulawesi ini emang perjuangan banget. kalo via darat dari Makassar, harus perjalanan 5 jam ke Bira dulu, lalu nyebrang pake ferry selama 2 jam ke Selayar. di Selayar pun harus naik mobil dulu selama 2 jam ke pelabuhan Selatan, sebelum dilanjut naik kapal (again !) selama 4 jam ke Pulau Tinabo Besar, tempat kami menginap. mati gaya nggak bu di kapal ? banget. baru sekali itu lho ndoro makan siang di atas kapal sambil gliyat gliyut karena ombaknya gede. tapi makin kesini malah makin betah. malah pas perjalanan pulang, udah bisa bobok dengan pulaaass…
 
4 hours. in this boat. try me, captain !!
kapal kami bersandar di dermaga Tinabo.
 
ejadi cemana cerita selama liburan yang bikin jiwa raga bahagia ini (soalnya ga ada sinyal sama sekali ya bok, so ndoro bebas dari telpon orang kantor, wakakakakak) ?
 
will smell you later, ‘kay ?
*ndoro putri yang gosong dan eksotis*
Advertisements

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s