#132 current favorite : komik

toko buku bekas
mau nulis soal kebolangan saya sama cici ke Bandung, tapi kok males ya. niat ngepost tiap minggu pun juga ga kelakon. tapi kalo ga dipaksain, ya ga jalan, iya kan ?

jadi daripada ngga ada topik, marilah kita membahas topik yang sungguh seru dan menggetarkan jiwa raga. #oposeh

benar sekali sodara sodara, jawabannya adalah KOMIK. *disambit pisang dari segala penjuru*

note : komik disini maksudnya komik Jepang alias manga ya. karena biasanya hanya komik Amerikano aja yang disebut comic books. sementara manga ya manga.

jadi ya, dari jaman Sun Go Kong mencari kitab suci SMP, ndoro putri adalah pelanggan setia persewaan buku. beda sama di kota metropolitan nan sumpek ini, di kerajaan kota asal, persewaan buku itu pating telecek. bahkan di jogja, tiap berapa gang juga ada. persewaan buku ini pun jadi solusi mudah dan murah buat mahasiswa dan anak sekolah yang ga punya duit buat beli novel atau komik. ini juga yang jadi salah satu faktor pemilihan kos kosan (hello, Cendekia !!).

di setiap persewaan buku, yang paling laris biasanya adalah komik. apalagi komik lanang, macam Shoot, Dragon Ball, Offside, de es be. selain ragamnya banyak, peminatnya juga ga cuman anak sekolahan doang. saya pernah kok ketemu mas mas rapi dan wangi yang ternyata kerja di bank pita kuning di Cendekia. hobinya pinjem komik borongan, biar waktu pinjamnya boleh agak lamaan.

herannya, di pelosok Jakarta, kok ya ga ada persewaan buku seupil pun. bahkan sampe di gugel pun tetep ga nemu. tapi berhubung pas di Jakarta ini ndoro putri udah dapet upah barang sepundi dua pundi emas (eciyeeeee…), mau ga mau akhirnya beli. beda banget sama jaman SMA dimana mau beli satu komik aja puasanya seminggu. sekarang mah tinggal merem sambil ngambil komik. (etapi bayarnya tetep sambil mewek sambil ngepit dompet sih…)

so, judul apa sih yang lagi hot di reading list ndoro putri ? here we go !!

1. Nura : Rise of the Yokai Clan (Nurarihyon no Mago)

ceritanya soal Rikuo Nura, cucu Nurarihyon, pemimpin klan Nura.  klan Nura ini adalah klan yang isinya yokai (spirit/arwah dalam budaya Jepang). ternyata, yokai ini terbagi jadi beberapa klan dan Rikuo harus jadi Komandan Ketiga, nggantiin kakeknya. Rikuo ini berdarah 1/4 yokai, karena nenek dan nyokapnya manusia, makanya doski cuman bisa jadi yokai selama 1/4 hari. plotnya sih berputar di sekitar persaingan antara klan Nura dan klan lain. ada juga keluarga Keikain yg juga onmyouji (semacam biksu).
yang bikin geregetan, yokai di serial ini ga semuanya sangar. banyak yang lawak dan ga ada serem seremnya.  di komik ini juga dijelasin soal beberapa yokai yang udah jadi urban legend di Jepang dan juga sejarahnya.

2. Bakuman

tentang duo Mashiro dan Takagi yang pengen jadi mangaka (pembuat komik). duo anak SMA ini pun bagi tugas. Takagi bikin name (cerita) dan Mashiro bikin gambarnya. seru banget baca perjuangan mereka buat nembus JUMP (penerbit komik beken di Jepang. terbitan di JUMP pasti bagus dan buat masukin karya kesana seleksinya ketat banget ngalahin SPMB). di komik ini dijelasin berbagai hal soal komik, kayak genrenya, istilah teknis dan proses seleksinya.
kalo suka baca komik battle macam Bleach atau Naruto, mungkin bakal bosen baca komik ini, karena komiknya cukup ‘padet’.

3. Kimi Ni Todoke

kisah cinta anak SMA yang mengharu biru dan menggoyahkan iman. Sawako Kuronuma adalah anak SMA yang bentuknya mirip Sadako (The Ring, in case you don’t remember). karena bentuknya horor, doski pun dijauhi temen temen sekelasnya. sampe akhirnya Kazehaya, temen sekelasnya yang baik dan ‘bersinar’. Kazehaya pun nolongin Sawako buat adaptasi dan kenalan sama temen temennya, karena menurut Kazehaya, si Sawako ini aslinya polos (banget) dan baik. seperti pepatah Jawa, witining tresno jalaran seko ra ono liyo kulino, lambat laun Sawako dan Kazehaya pun merasakan debar jantung yang ngalahin ombak pantai selatan tiap mereka berkhalwat berduaan.
baca komik ini bikin geregetan sendiri saking clueless-nya si Sawako dan Kazehaya. oh dan pastinya nostalgia jaman SMA yang unyu unyu nggilani itu.

4. A Chef of Nobunaga 

komik yang bikin laper. bercerita soal Ken, yang hilang ingatan dan terdampar di jamannya Nobunaga Oda. etapi Ken ini jago banget masak, bahkan masakan Eropa. akhirnya doski direkrut buat jadi chef-nya Nobunaga Oda dan sering dikirim jadi utusan untuk menyampaikan keinginan Oda. Ken ini kreatifnya ga ketulungan dan (so far) selalu sukses menjalankan misi dari Oda. ga cuman belajar masakan, komik ini juga ngejelasin soal sejarah perang dan strateginya Oda.
di komik ini dijelasin sejarah masakan yang dibuat Ken dan juga ada simple recipe di belakang tiap volume.

5. Piece (Kanojo no Kioku)

written by my lovely and surem mangaka, Ashihara Hinako. doski emang sering nulis cerita yang surem dan ‘berat’ yang bikin pembacanya masuk ke jurang kegelapan. di Piece, doski nyeritain soal kenangan SMA yang kembali lagi lewat pemakaman teman SMA yang ga populer. di komiknya pun banyak disisipi kalimat kalimat ‘dalem’ dan introspektif.
i read it mostly karena ini karangan Ashihara Hinako. tapi ternyata emang ceritanya bagus dan kontemplatif dan penuh patah hati.
6. Becoming a Star (Kirara no Hoshi)

another manga that i read based on the mangaka. Ai Morinaga adalah salah satu mangaka favorit ndoro putri dan kanjeng simbah. tak lain tak bukan karena tiap komiknya sungguh menggambarkan gairah jiwa muda dan kebodohan yang sungguh kriki maksimal. ditambah gambarnya Ai Morinaga ini cakepnya ga ketulungan. ceritanya soal Hoshi, yang dipaksa Kirara buat jadi artis buat membantu agensi milik keluarganya yang lagi dilanda utang. syaratnya, Hoshi ga mau identitasnya ketahuan. bisa ditebak, kebodohan pun mewarnai kehidupan dua anak muda ini.

sebenernya masih banyak lagi sih, semacam Detektif Conan, Prince of Tennis atau Psychometrer. tapi ya 6 komik ini yang lagi seneng senengnya dibaca dan dinantikan kelanjutan tiap volumenya. pokoknya tiap ke gramedia, hati ini ketar ketir membayangkan  volume terbaru.
so, what’s your current favorite ?

*all photos taken from google
Advertisements

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s