#129 Pahawang Trip (part 2)

putri duyung yang bahagia
dari hasil pengamatan dan investigasi (baca : googling) sebelum berangkat, kalo nge-trip ke Pahawang itu ada beberapa spot & pantai yang biasanya dikunjungi. Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian, Pulau Tegal, Pasir Timbul sama Tanjung Putus. nah masalahnya, pas kemaren kesana, ndoro putri lupa nanya sama guide-nya ini spot apa, itu spot apaaaa… super fail deh. #kzl

kemaren rombongan kami snorkeling ke 3 spot dan main main pasir di 2 pantai. dan ternyata dari Ketapang-nya agak jauh lho. sempet pake ngantuk ngantuk segala saking jauhnya. belom kapal jalannya lumayan kenceng, jadi tercipratlah air laut ke muka. tapi semuanya terbayar begitu nyemplung ke spot pertama ini. tadinya rombongan agak agak hesitant gitu buat langsung nyemplung. apalagi ada beberapa orang yang baru pertama kali snorkeling. tapi begitu ngeliat airnya yang crystal clear, akhirnya pada nyemplung juga.
airnyaaaaa… *make snorkel*
di sini ada karang karang cantik cantik dan ikan seliweran (ya iyalaaaah). yang seru, ada segerombolan ikan berwarna perak yang sliwar sliwer dengan cueknya. ada juga ikan berwarna biru kuning yang jinak jinak merpati. doski cuek renang di sekitar kita, tapi begitu dideketin, eh langsung kabur. tarik ulur, cyin ?. di sini juga ada anemon dan penghuninya, alias clown fish. tapi bukan nemo ya, tapi sodara se-genus-nya yang warna-nya merah tomat.

nah, yang kemaren itu begini ikannya.
kata mbah google, namanya Amphiprion melanopus alias Cinnamon ClownFish.
CMIIW
pas snorkeling kemaren, sempet nyesel juga sih, gara gara pengetahuan soal karang, anemon + organisme laut yang kurang. jadi cuman bisa terbengong bengong aja ngeliat kecakepannya, tapi ga tau mereka itu namanya apa. sayang di spot ini kita ga terlalu lama, soalnya ombaknya mendadak gede. salah satu mbak mbak yang ikut rombongan kita sampe panik. jadi ceritanya dia baru pertama snorkeling dan ga bisa renang. akhirnya setuju buat nyemplung setelah di ayem ayem in ga bakal kelelep, kan kita pake life vest. eh lha kok ndelalah pas doski udah memantapkan niat dan tekad nyemplung, eh kok pas ombaknya jadi tinggi. begitu lepas pegangan dari perahu, langsung kesamber ombak. sebenernya gapapa sih, wong masih ngapung karena ada life vest. tapi namanya orang panik ya. doski langsung teriak teriak takut tenggelam. untung ada mas mas berbadan gede yang akhirnya nolongin buat balik ke kapal.

spot kedua ga terlalu jauh dari spot pertama. di spot kedua ini, kontur dasar lautnya (duileeee bahasanyaaa) naik turun. mulai dari karang yang lumayan tinggi, sampe dasar laut yang berpasir. reza, yang emang kayaknya reinkarnasi manusia duyung, langsung ngider ngider, sebelum melemparkan tantangan abad ini. snorkeling tanpa life vest. alamakjaaaang, mana berani lah dakuuu. tapi dari hasil guglingan, emang harusnya snorkeling-an itu ga pake life vest sih, hahahaha. kata reza, as long as pake fin (kaki katak), ga bakal tenggelam kok.

tapi manalah ndoro putri berani. life vest pun masih dipake sambil ngider ngider. karena letaknya yang naik turun, karangnya juga lebih macem macem daripada spot pertama. malah ada karang yang deket banget sama permukaan. sayangnya, karang ini sering dipake buat pijakan sama orang yang snorkeling. padahal kan (setauku sih) ga boleh ya nginjak karang. bahkan megang pun juga kalo bisa jangan. disini, bukannya nemu clown fish, tapi temennya, moorish idol !! genit banget deh ikan ini, renangnya lincah banget (ya iyalah namanya juga ikan).
temennya nemo, Moorish Idol alias Zanclus cornutus
oh iya, akhirnya ndoro putri berani juga lho lepas life vest. ternyata emang jauh lebih seruuuuu, karena nyelam ke dalamnya lebih jauh. tapi harus pinter pinter memperkirakan nafas aja sih, kan kita harus naik sendiri ke permukaan, tanpa bantuan life vest. udah gitu, ga ada rasa ampek kayak kalo pake life vest. tapi tetep ye belom berani jauh jauh snorkelingnya.

kelar spot kedua, kami pun njujug ke sebuah pulau. kalo di-compare fotonya sih kayaknya ini Pasir Timbul. tapi ga tau juga, hahaha. pulau ini berpasir putih dan airnya anget (ya iyalah, kesananya pas siang ngetang ngetang). kami pun asyik main air sama foto foto ala putri duyung

pulau-entah-apa-namanya
pasir putih + langit biru
foto rombongan dulu kakaaaaak
foto yang paling susah diambil, zzzz…
dari pulau cakep ini, kami lanjut jalan lagi. kali ini ke pulau yang konon katanya ada resort punyanya orang Perancis. di sini, ada juga hutan bakaunya. tujuan ke pulau ini, once again adalah foto foto. beneran deh, reza ini dianugerahi sabar level dewa karena mau nurutin foto model amatiran kebanyakan maunya ini.

itu tuh resortnya di pucuk, keliatan ga ?
serasa milik sendiri, jeng ?
selfie sukaesih. kacamatamu hits banget sih za…
what ? posenya biasa aja ? baiklah.
menatap masa depan yang gilang gemilang
*sambil mikir harga rumah*
pose wajib meskipun kepanasan. putri duyung dan…
… pangeran dugong.
menunjuk target di masa depan.
*mikirin harga rumah lagi*
pose cecak lompat
abis dari sini, langsung pulang ya ? oh enggak dooong. udah jauh jauh, jadi harus dipolin. setelah voting (pulang atau lanjut snorkeling), kami pun cuss ke spot snorkeling ketiga. di spot ini, airnya ga terlalu jernih dan ternyata ikannya juga ga banyak. yang nyemplung pun cuman sedikit, soalnya uda pada kecapekan. tapi di sini ada satu karang / koral yang bentuknya kayak kipas dan guede banget, warnanya item. gahar banget pokoknya.

etapi sayang, di deketnya ada nelayan yang lagi nebar jaring. dan kayaknya sih di jaring itu dikasih semacam obat gitu, soalnya beberapa dari kami ada yang langsung gatel gatel. maka di spot ini pun dipersingkat dan kami langsung cuss balik ke Ketapang.

udah nih, segitu doang di Pahawang ?
tunggu lanjutan ceritanya ya !!

smell you later 😀

*fishes photos taken from google, another taken by Reza*
Advertisements

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s