#110 period ? or a pregnancy ?



annyeong !!
how are you people ? it feels like forever since my last gak-penting post, muehehehe.
life been busy these days, but i really wanna share about something. let me write in indonesian, okay ?

so, ga terasa uda mau 7 bulan aja gue merit, hahaha. karena masih pisahan juga sih ya jadi ga begitu berasa. selama 7 bulan ini juga, gue jadi deg degan tiap mau ‘dapet’. gue sama suami belom program punya baby sih emang, jadi kita masih nyantai. dikasih alhamdulillah, belom dikasih ya mari kita coba lagi :)). tapi berhubung nyokap dan mertua uda mulai nanyain (occasionally sih emang), gue pun jadi ikutan deg degan.

kebetulan, dari sebelum merit, gue nyatet data period gue lewat aplikasi android My Calendar. jadi di situ ada record period dan prediksi period berikutnya (meskipun ga tepat tepat amat). lumayan membantu juga ngatur jadwal ketemuan ama bojo *eh*.

meskipun belom ngebet, tapi sejak suka baca thread di Female Daily, gue pun suka browsing browsing juga soal pregnancy. yah, itung itung mempersiapkan diri gitu. meskipun sebenernya gue browsing lebih ke arah ‘iseng iseng baca’.

sampailah akhirnya di minggu kemaren, something happened. gue cerita chronologically aja kali ya, biar marem.

9 Mei
ini tanggal harusnya gue period (kalo nurut My Calendar ya). maka gue pun siap siap pake p*mbalut, meskipun sama sekali belom ada tanda dapet (you know, pegel, mules, dll). tapi ternyata yang dateng cuman setitik noktah (halah) berwarna coklat muda. dan sepanjang hari gue nunggu ada pegel, mules, atau naga naga darah; tapi ga ada. gue pun curiga, secara seumur umur ga pernah ada flek coklat begitu. mau tespek tapi males, hahaha. akhirnya setelah ngomong ama bojo, doski bilang tespeknya ntar aja kalo telat 3 hari.

10 Mei
kebetulan, gue ada family gathering ke Taman Safari. jadilah gue dari pagi udah heboh bermobil rame rame. nothing suspicious. cuman pas nyampe hotel, si flek coklat muda ternyata ada lagi. again, tanpa mules, pegel atau naga naga darah. di sini gue mulai browsing soal implantation bleeding, karena pernah baca soal ini di forum. gue pun mulai berpikir ini implantation bleeding. malemnya, gue dengan polosnya ikut joget joget dangdut heboh (udah lupa sama si flek). begitu balik ke kamar, keluarlah itu darah, yang anehnya, encer. di situ gue langsung batin, ‘something’s wrong’. dan bener aja, semaleman itu perut rasanya kayak ditusuk tusuk. akhirnya gue cuman bisa minum anget, ngolesin minyak kayu putih dan berdoa; minta yang terbaik.

11 Mei
perut masih kayak ditusuk tusuk. dan begitu ke kamar mandi, tiba tiba jatuhlah semacam gumpalan. gue cuman bisa melihat gumpalan itu and think nothing. gue cuman bisa ngeliatin dan suddenly berpikir, ‘it’s over’. abis itu, here comes the pain. perut gue langsung berasa penuh dan sakit kayak diklenthek (gue ga tau bhs indonesia nya, gomen). it was so painful. dan seharian itu, darah yang keluar banyak buanget. saking sakitnya, gue sampe mual dan pusing. 

12 Mei
ceritalah gue sama Mba Al, dan kata dia bisa jadi itu miscarriage. what ? ohkay. gue pun browsing and find this article about chemical pregnancy. intinya, chemical pregnancy or very early miscarriage adalah pregnancy yang berakhir sebelum si baby sempet nempel ke rahim atau sebelum usia 5 minggu. and you know what, symptom nya mirip banget sama yang gue alamin. spotting, then heavy bleeding. darah masih lumayan deres di hari ini.

13 Mei
gue konsultasi sama dokter kantor. beliau pun ngomong kalo itu most likely just another heavy period. tapi tetep kayaknya gue harus ke dokter kandungan buat cek. kalopun beneran miscarriage, kan harus di cek juga peluruhannya bersih apa nggak.
but you know, kalo diinget inget lagi, emang sepanjang minggu kemaren kerjaan gue pulang malem (baca : lembur) terus. entah ini ngaruh atau nggak sih. cuman kan emang badan jadi capek.

14 Mei 
finally gue ke dokter SPOG. sama dokter Yusfa Rasyid di Medistra. emang uda dokter inceran gue sih ini, muehehehe. cerita ke dokter Yusfa awalnya gimana dan langsung disuruh USG dalem (yang ternyata super sakit). pas di USG, keliatanlah kalo dinding rahim gue udah meluruh semua. so whatever yang pernah ada di situ, either penebalan karena hamil atau menstruasi, udah luruh semua. “udah tipis nih Rif”, gitu katanya. yang bikin sedih, yang keliatan kecewa justru dokter Yusfa nya, hahaha.
and yes, menurut dr Yusfa, ada kemungkinan gue emang miscarriage. karena uda meluruh semua, ga bisa di cek juga. jadi harusnya di hari pertama nge-flek itu emang langsung tespek aja. dr Yusfa juga langsung bilang, “di rumah nyetok test pack ya. kalo ada telat telat atau ngeflek, langsung test pack. udah, tugas kamu itu dulu”.
dan dengan baiknya beliau ngomong, “ini ditulis gangguan haid aja ya, biar ga kepikiran. meskipun menurut saya ya mungkin miscarriage”. i love you, dok *eh*.
gue juga ga dikasih obat apa apa. karena rahim normal dan usia relatif muda. katanya kalo mau program bulan depan langsung dateng aja. siap dok !!

so, beneran deh, sama badan sendiri harus bener bener aware. harus rajin rajin juga browsing cari info atau baca baca di forum kalo ada yang aneh aneh. karena badan cewek, apalagi organ reproduksi, itu emang bener bener kompleks. belom lagi masalah hormon dll dsb. 

dan gue pribadi (dan suami) sebenernya percaya kalo saat itu sebenernya gue udah hamil. you know, ada feeling nya. sepanjang minggu sebelum ngeflek itu gue mual mual dan berasa dizzy. capeeek banget rasanya badan. ditambah selama bleeding kemaren, sama sekali ga ada rasa pegel (yang biasanya ada kalo gue dapet).
meskipun kami ga tau sebenernya apa yg terjadi sama si baby (belom baby juga sih ya), entah itu dia ga jadi nempel, atau uda nempel tapi luruh karena alasan yang kami ga tau.
gue dan suami lebih melihatnya sebagai ‘latihan’. karena kejadian ini gue sama suami jadi rajin browsing dan nambah pengetahuan soal pregnancy dan tetek bengeknya.

and you know, the second day of the spotting, was my birthday. hahaha. seriously, God know what’s best. gue pun jadi kepikir, kejadian ini ada buat mendewasakan gue. biar gue tau rasanya kecewa, sedih dan bisa jadi lebih kuat. mungkin juga ini pengingat. dan gue yakin seyakin yakinnya, as usual, Tuhan selalu memberikan yang kita butuhkan, di waktu yang tepat.

so i think that’s all. pray us like always, will you ?
smell you later.

Advertisements

5 thoughts on “#110 period ? or a pregnancy ?

  1. Haloo Osan… So sorry to hear that 😦
    Ngga enak banget emang rasanya yang kepengen hamil… Tiap bulan harap2 cemas, trus dikit2 self diagnosed, browsing sana sini, ini hamil apa enggak,, walah.. capek di hati & pikiran >_< Kalo chemical itu emang blm jadi apa2 si calon babynya, masih berupa sel setitik..
    Anyway semoga kita sukses yaaa di bulan berikutnya! Aamiin

    Like

  2. wah mba tia sampe mampir kesiniii… hihi…

    iya mbaa, aku juga dibilangin 'dibawa santai aja'; tapi ya tetep ya kepikiran…

    ditambah tiap browsing dapet istilah baru langsung kepikir “apa jangan jangan gue begini juga ya”, hehe

    amiiin, semoga langsung ganti ya mba tiaa 😀

    Like

  3. kata temenku mba.. kemaren aku sama kaya kamu mba… aku udh tp garis dua trus ak pecicilan kerjaan banyak, eh pergi2 ma suami kecapean… klo udh telat seminggu gtu kt tmnku cpt2 tp klo udh positif jgn capek2 mba istirahat gtu sampe dua minggu kemudian ke dokter deh minta obat penguat jika blm dapet juga…

    semangattttttt semoga bulan berikutnya sudah ada yahh … semoga saya juga hahahahahaha aamiin… yaa Rabb…

    Like

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s