450 gram : Perjuangan Bayi-bayi Prematur Menghirup Napas Kehidupan


lagi2 saya ngabur dari KKN..

hahaha.. ga si, cuman kemaren pulang aja ke solo, soalnya kakak saya kecelakaan dan mengalami retak bahu.. heboh gitu kabarnya, ada gosip dia mau operasi segala.. setelah ditengokin, ternyata dia ogah operasi dan cuman pake penyangga bahu.. cape de..

eniwei, di kepulangan saya yang singkat kemaren, saya beli buku baru.. tadinya cuman niat cari gantungan hape, tapi apa daya lagi2 saya nyangkut di gramedia.. hehehe..
buku yang saya beli judulnya 450 gram : Perjuangan Bayi-bayi Prematur Menghirup Napas Kehidupan.. saya baca reviewnya pas lagi blogwalking dan kemaren ada tabloid yang recommend ini buku.. apalagi emang dasarnya saya suka buku yang based on true story, apalagi tentang medis dan bayi.. maklum, obsesi dokter ga kesampean.. hehe.. makanya girang banget saya nemu buku ini pas abis baca reviewnya..

buku ini merupakan kumpulan 16 kisah bayi-bayi prematur yang sempat dirawat dr Christine Gleason, neonatalog (dokter anak subspesialis bayi baru lahir) di Seattle dan Washington.. di buku ini dr Chris cerita tentang pengalaman2nya menangani bayi2 prematur ato bayi2 yang memiliki kelainan.. beberapa bayi ditolak ibunya, beberapa justru bayi yang bertahun2 diharapkan oleh orangtuanya.. tapi bayi-bayi tersebut punya satu kemauan yang paling dasar.. kemauan untuk hidup..

ada 3 favorit saya di buku ini, yang pertama cerita tentang Jimmy, bayi prematur 24 minggu bermata sayu yang punya banyak komplikasi, dan paling sedih, ditolak ibunya.. dia bertahan beberapa minggu sebelum akhirnya meninggal, di pelukan ibunya yang akhirnya menerimanya..

lalu ada Christopher.. bayi yang ditunggu orangtuanya lebih dari 10 tahun, sebelum akhirnya lahir di usia 24 minggu.. orangtuanya ingin dia selamat, tapi tidak ingin dia terlalu menderita akibat tindakan medis.. pilihan tim medis pun jadi sulit : merelakannya begitu saja padahal orangtuanya telah menunggunya 10 tahun, atau mencoba menyelamatkannya dengan harapan hidup rendah dan resiko cacat otak permanent.. akhirnya Christopher pun membuat keputusannya sendiri..

my very favorite, Patrick.. dialah bayi 450 gram yang dijadikan judul buku ini.. lahir di usia kehamilan kira2 22 minggu, Patrick langsung bisa bernafas sendiri, berbeda dengan bayi prematur lain yang biasanya butuh ventilator.. melihat bobot tubuhnya, tim medis pesimis dia bisa bertahan hidup.. tapi Patrick menunjukkan bahwa dia terlalu keras kepala untuk mati..

dr Chris menulis buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang istilah2 medis, jadi jangan jiper dulu baca istilah-istilah yang (mungkin) terdengar membingungkan..

buat saya, 16 cerita sangatlah kurang, jika dibandingkan dengan yang sebenernya terjadi.. tapi cerita-cerita ini menggambarkan perjuangan manusia dari awal ia dilahirkan.. beberapa berhasil bertahan hidup, beberapa berjuang begitu keras sampai di luar batas kemampuan tubuh kecil mereka.. dan juga kerelaan orangtua menerima semua kondisi anaknya dengan ikhlas..

pada akhirnya, manusia memang tidak akan berhenti berjuang..

(info ga penting)
saya sendiri sebenernya prematur, lahir di usia kehamilan 7,5 bulan, sekitar 30 minggu.. berat 2,3 kg, panjang 49 cm.. saking kecilnya, bidan di puskesmas pun takut nggendong.. hehehe.. saya tidak masuk inkubator waktu itu, dengan alasan sangat konyol, tidak ada lagi inkubator yang tersedia.. alhamdulillah, ga ada masalah berarti.. =D

KKN, gonna back soon.. hahaha..

*cheers..

Advertisements

One thought on “450 gram : Perjuangan Bayi-bayi Prematur Menghirup Napas Kehidupan

share me your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s